oleh

BPS Ciamis Sosialusasikan Sensus Penduduk Online di Desa Sadananya

Berita Ciamis (Jawa Barat) – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis, Jawa Barat menggelar program kegiatan BPS di Desa Sadananya kecamatan Sadananya dalam rangka persiapan Sensus Penduduk 2020.

Suoervisi BPS Ciamis Ir. Suhartono, MP mengatakan pada sensus 2020 mendatang, BPS akan menggunakan metode kombinasi, yakni online dan verifikasi lapangan/sensus door to door.

Sensus online bisa di akses secara mandiri di sensus.bps.go.id pada Februari sampai dengan Maret 2020.

“Apabila ada warga yang belum melakukan sensus dengan cara online, maka pada Juli 2020 akan ada petugas yang datang melakukan sensus,” katanya, di Aula Desa Sadananya, Senin (17/02/2020).

Meski mendatangai rumah warga, namun untuk input data tetap menggunakan smartphone dan tidaklagi menggunakan kertas.

Dijelaskannya sensus penduduk 2020 ini akan sangat strategis karena akan berupaya untuk menyatukan data kependudukan di Indonesia.

“Dari sensus ini diharapkan ada satu data kependudukan yang bisa digunakan semua instansi sehingga tidak ada lagi perbedaan data terkait jumlah data penduduk,”terangnya.

Melalui sensus kali ini diharapkan tidak ada lagi data yang saling berbeda untuk kependudukan. Dikarenakan data kependudukan memiliki peran strategis dalam mengoptimalkan pelaksanaan kebijakan pemerintah.

“Kegiatan sosialisasi BPS terus akan dilakukan ke Kecamatan lainya untuk tempat sosialisasi sehingga gaung Sensus Penduduk 2020 di Kabupaten Ciamis bisa tersampaikan keseluruh wilayah setempat,”tandas Suhartono

Sosialisasi ini dihadiri oleh Camat Sadananya dan seluruh perangkat se-Kecamatan Sadananya.

Camat Sadananya, Hj. Tini Lastiniwati merespon positif sosialisasi sensus penduduk online di Kecamtan Sadananya yang dilakukan BPS Ciamis di Sadananya.

“Kami sangat respon sekali dan berupaya akan mensukseskan program sensus penduduk 2020 ini, jadi semua desa semua khususnya kepala desa diharapkan bisa memberikan sosialisasi kepada masyarakatnya dalam hal pengisian sensus penduduk secara mandiri yaitu 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020,”ungkapnya.

Pihak kecamatan akan mengoptimalkan program sensus penduduk online di RW se-Kecamatan Sadananya.

“Diharapkan para ketua RW bisa berpartisipasi secara langsung, selain mengajak masyarakat, kami juga membantu untuk proses penyelesaian sensus penduduk online,”pungkas. (Riz)

Komentar

News Feed