oleh

Bupati Ciamis Ikuti Rapat Koordinasi Lanjutan Penangaan Covid-19

Berita Kab.Ciamis-– – Kondisi wabah Corona Virus Desease (Covid-19) secara nasional beberapa waktu terakhir semakin meningkat dan memerlukan perhatian khusus. Meski New Normal dalam beragam bentuk edukasi, sosialisasi maupun penegakan disiplin terus dilakukan.

Dengan kondisi tersebut Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengkoordinasikan upaya peningkatan recovery rate dan menurunkan mortality rate melalui menejemen perawatan pasien covid-19 yang optimal.

Rapat yang dilakukan via Video Converence diikuti oleh beberapa Kepala Daerah baik Provinsi maupun Kabupaten Kota termasuk Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dengan di dampingi oleh wakilnya, sore tadi, Kamis (17/09/2020).

Kabupaten Ciamis sendiri angka terkonfirmasi positif dua hari terahir mengalami penambahan.

Dalam kesempatan itu Luhut mengatakan data kasus harian 4 provinsi yang mengalami trend peningkatan kasus harian adalah DKI Jakarta, Jabar, Sulsel dan Jateng.

Sementra untuk Bali dan Kalsel  memiliki trend yang menurun, sedangkan Jabar,Jatim, dan Sumut memiliki trend penambahan kasus harian yang plat.

“Untuk mortality rate secara nasional mencapai 3.97%, dengan Jatim 7,3% dan Jateng 8.1% adalah provinsi yang memiliki angka mortality rate jauh diatas rata – rata nasional,” jelas Luhut.

Sementara itu Ketua BNPB Doni Monardo mengatakan pihaknya telah melakukan upaya upaya untuk peningkatan recovery rate dan menurunkan mortality rate.

“Kami telah bekerjasama dengan TNI dan SATGAS untuk menangulangi hal tersebut, diantaranya Untuk DKI Jakarta melakukan uji coba di lima kelurahan, dengan merekrut seratus orang tokoh masyarakat menjadi bagian dari mensosialisasikan pada masyarakat tentang protokol kesehatan,” ungkap Doni.

Selain itu juga Doni menghimbau untuk Menyusun organisasi satgas sampai tingkat RT dan RW.

Terahir Luhut mengintruksikan kepada setiap kepala daerah untuk benar- benar sigap dalam menangani permaslahan ini terutama yang mortality ratenya tinggi.

“Beberapa upaya yang dapat dilakukan diantaranya melakukan penyemprotan desinpektan, menutup tempat hiburan, mengkarantina orang-orang yang terduga terinfeksi, menambah ruang isolasi serta maksimalkan tenaga tenaga medis yang benar-benar ahli,” pungkasnya.(Jepri)

News Feed