oleh

Bupati Ciamis : Masyarakat Jangan Panic Buying Menanggapi Virus Corona

Berita Ciamis Jawa Barat – Menanggapi status siaga satu Virus Corona (Covid-19) yang ditetapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pada tanggal 3 Maret 2020, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Pendidikan menggelar sosialisasi Corona Virus Disease (Covid-19) Lingkup Dinas Pendidikan di Gedung Islamic Center Ciamis, Selasa (10/3/2020).

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dalam sambutannya meminta kepada masyarakat Kabupaten Ciamis agar tidak panic buying dengan menimbun persediaan makanan secara berlebihan dalam menanggapi virus corona yang mulai menyebar di Jawa Barat.

“Sebagai upaya pencegahan dini biasakanlah pola hidup sehat dan bersih termasuk olahraga yang teratur dan pola makan yang baik, seimbang dengan gizi yang dibutuhkan,” kata Herdiat.

Kegiatan dihadiri 850 orang yang terdiri dari Koordinator Wilayah Bidang Pendidikan, Pengawas TK, SD, SMP dan pengawas agama serta Penilik PAUD, Kursus dan kesetaraan, Kepala TK Negeri, Kepala SD dan Kepala SMA juga Pegawai Lingkup Dinas Pendidikan Ciamis.

Herdiat merangkan, Virus Corona Diesease (Covid-19) berasal dari Wuhan China sampai kini telah menyebar sampai ke 73 Negara dengan 105.837 orang terdampak virus tersebut.

“Pemerintah Kabupaten mensikapi dalam melakukan pencegahan dini Virus Corona dengan memberikan sosialisasi kepada masyarakat,” terang Herdiat sapaan akrab Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Ia menjelaskan, hal yang paling penting sebagai upaya pencegahan dini virus corona ini yaitu dengan melakukan pola hidup sehat dan bersih.

“Kita sebelumnya sudah memperingatkan dengan program gerakan jumat bersih, itu sebagai upaya perilaku untuk pencegahan dini,” jelasnya

Ia pun mengajak masyarakat untuk membiasakan pola hidup sehat, budayaoan germas dan ohbs.

“Tidak usah panik dengan ketakutan berlebihan kita punya Alloh, mudah-mudahan Kabupaten Ciamis Jawa Barat dijauhkan dari virus corona,”

“Kalau perlu kita melaksanakan istighosah meminta kepada Alloh swt agar tehindari dari penyakit,” tutur Herdiat.

Sementara itu Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Ciamis Tatang menjelaskan, kegiatan Sosialisasi Covid-19 Lingkup Dinas Pendidikan ini dilaksanakan atas dasar pernyataan Gubernur Jawa Barat terkait penetapan status siaga sayu birus corona pada tanggal 3 Maret 2020.

“Ini juga sebagai pelaksanaan dari intruksi Bipato Ciamis tentang Peningkatan kewaspadaan dan antisipasi virus Covid-19 di Kabupaten Ciamis yang diterbitkan tanggal 4 Maret 2020,”

“Diharapkan seluruh peserta yang hadir pada kegiatan sosialisasi dapat mewaspadai dan mengantisipasi Covid-19 sebagaimana intruksi Bipati Ciamis,” ucap Tatang.

Pada kegiatan tersebut diisi dengan sosialisasi yang disampaikan oleh kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis Bayu Yudiawan.(Irwan)

Komentar

News Feed