oleh

Bupati Herdiat: Inovasi Bumbung PBB-P2 dan PKB, Para Camat dan Kades se-Kabupaten Ciamis Diharapkan Ikut Menerapkan

Berita Kab.Ciamis  – Tingkatkan Optimalisasi Penerimaan Pajak, seluruh Pemerintah Desa dan masyarakat di Kecamatan Kawali melakukan inovasi dengan Pencanangan Gerakan Bumbung PBB-P2 dan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Bumbung merupakan bambu yang berisi uang hasil menabung, bentuknya sama seperti celengan. Gunanya, sebagai tempat menabung masyarakat untuk membayar PBB-P2 atau PKB.

Pelaksanaan launching Pencanangan Bumbung dilakukan di Aula Balai Desa Sindangsari Kecamatan Kawali, Kamis (6/8/2020). Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama unsur Forkopimda dan jajaran Pemerintahan Kabupaten Ciamis ikut serta mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan apresiasi dengan inovasi Bumbung Pajak yang dilakukan oleh seluruh Pemerintah Desa se-Kecamatan Kawali dan masyarakatnya. Dengan adanya gerakan Bumbung Pajak ini, maka pembayaran PBB-P2 dan PKB tidak akan terasa berat dan dapat dilaksanakan tepat waktu.

“Terobosan yang dilakukan oleh Camat Kawali beserta seluruh Pemerintah Desa di Kawali patut ditiru dan diharapkan para Camat dan Kades lainnya ikut menerapkan inovasi tersebut,” ucapnya.

Pemkab Ciamis sangat memerlukan partisipasi dari masyarakat tatar Galuh. Salah satunya seperti pencanangan gerakan bumbung ini, hal tersebut sangat efektif guna mensukseskan optimalisasi penerimaan pajak daerah dan provinsi yang salah satunya PBB-P2 dan PKB,” tambah Herdiat sapaan Akrab Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Menurutnya, dengan adanya gerakan Bumbung PBB-P2 yang dikolaborasi dengan PKB menjadi sebuah keseriusan masyarakat untuk membayar pajaknya.

“Dengan dicanangkannya program Bumbung tersebut menjadi bukti keseriusan, kepatuhan dan kesadaran masyarakat juga,” ungkapnya.

lebih lanjut Herdiat mengatakan, pelaksanaan inovasi Bumbung Pajak yang dilakukan oleh Desa-Desa di Kecamatan Kawali diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi kecamatan dan desa lainnya di Kabupaten Ciamis.

“Inovasi harus ditumbuhkan, namun tetap mempertimbangkan kondisi atau karakter masyarakat di wilayahnya masing-masing” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut Herdiat menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Kawali yang telah mendukung program pemerintah melalui ketaatan membayar pajak tepat waktu.

“Saya berharap dengan inovasi gerakan Bumbung PBB-P2 dan PKB mampu meningkatan penerimaan pajak daerah dengan tepat waktu,” terangnya.

Herdiat menambahkan, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan pembayaran pajak. Terdapat beberapa layanan untuk memudahkan pembayaran salah satunya dengan fasilitas BJB seperti BJB DIGI, ATM BJB. seperti di Indomaret, Alfamart dan Bukalapak. Untuk lebih memudahkan lagi Pemerintah telah menyediakan pelayanan pembayaran melalui layanan mobil keliling yang dapat menjangkau setiap desa.

“Mudah-mudahan dengan adanya layanan mobil pajak keliling, saudara-saudara yang membutuhkan layanan terkait PBB-P2 dan pajak daerah lainnya tidak harus jauh-jauh datang ke di pusat kota. Mobil layanan pajak ini beroperasi berbarengan dengan mobil Samsat keliling dengan slogan bayarlah Pajaknya dan awasi penggunaanya,” tutup Herdiat

Penulis    : Jepri

News Feed