oleh

Capai Standar Tracing WHO, Bupati Herdiat Apresiasi Tim Tracing Satgas Covid-19 Ciamis

Berita Kan.Ciamis- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengapresiasi tim tracing Satgas Covid-19 yang telah mencapai jumlah tracing diatas yang ditentukan WHO.

Demikian, hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis Herdiat Sunarya saat membuka acara Webinar dengan tema “101 cara mencegah penyakit gigi dan mulut” dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional 2020 yang diselenggarakan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Ciamis, Banjar dan Pangandaran di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Sabtu (14/11/2020).

“Kita harus bangga dan memberikan apresiasi terhadap tim medis Ciamis yang telah melaksanakan tracing Covid-19 dengan pencapaian melebihi standar WHO yang telah ditetapkan,” katanya.

Ia juga menjelaskan, tim tracing satgas Covid-19 Ciamis telah melakukan tracing sebanyak 15.335 kali, ini menunjukan telah tercapainya standar 1% pelaksanaan tracing dari 1,4juta lebih masyarakat Ciamis.

Herdiat mengungkapkan, saat ini kondisi sebaran Covid-19 di Ciamis naik terus. Perlu kehati-hatian dalam menghadapi masa pandemi ini dengan terus mengajak masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Di Kabupaten Ciamis ada 272 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, masih aktif sebanyak 87 orang dan sembuh 171 orang,” ungkap Herdiat.

Menurut Herdiat, untuk memutus mata rantai Covid-19 sangat mudah, asal mempedomani protokol kesehatan.

“Kita harus mematuhi dan pedomi protokol lesehatan sebagai upaya memutus mata rantai Covid-19,”imbuhnya.

Ihwal kegiatan PDGI, Bupati Ciamis ini pun mengapresiasi inisiasi PDGI Ciamis Banjar dan pangandaran yang telah menyelenggarakan
Webinar yang diikuti oleh 500 peserta secara virtual.

Kegiatan ini merupakan salah satu pengabdian para dokter gigi untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya.

“Kita harus mengikuti perkembangan zaman di dunia kesehatan, saat ini di era digitalisasi tentunya pengetahuan dan SDM harus terus di-upgrade agar bisa lebih optimal dalam memberikan pelayanan kesehatan,” pesannya.

“Kita pun men-suppot dan mendukung apabila para pengurus PDGI ingin terus meningkatkan pengetahuan, baik melalui pendidikan formal, pelatihan ataupun bim tek lainnya,” tambah Herdiat

Berkaitan dengan teknologi kesehatan , Herdiat mengingatkan para pengurus PDGI untuk senantiasa mengikuti perkembangan teknologi khususnya dibidang pengobatan gigi.

Sementara itu, ketua PDGI Ciamis, Banjar dan Pangandaran dr. Asep Kamal Fasya menyampaikan, pelaksanaan webinar ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran kesehatan mulut sebagai bentuk kesehatan secara konferensif.

“Kita mengajak seluruh warga Ciamis untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, karena seseorang bisa disebut tidak sehat apabila kesehatan mulut diabaikan,” ucapnya.

Ia juga merencanakan acara tersebut digelar secara rutin dan tempatnya pun berpindah-pindah diantara wilayah lerja PDGI yaitu di Ciamis, Banjar dan Pangandaran.

Saat ini pengurus PDGI masih terbatas, maka masih digabungkan dengan Pengurus Banjar, Ciamis dan Pangandaran yang mencapai 55 orang

Dengan minimnya kepengurusan PDGI, sehingga program yang dilaksanakan belum terlalu maksimal.

“Kita mengharapkan support Bupati Ciamis untuk meningkatkan SDM khususnya dibidang dokter mulut,” harapnya.

Masih ditempat yang sama, Ketua Pelaksana kegiatan Webinar, dr Didi Fahmi Firmansyah menerangkan, pelaksanaan webinar dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi 2020 ini dilakukan atas kerjasama antara ODG dengan Unilever, Pemerintah Kabupaten Ciamis, RS AL Arif, RS Dadi Keluarga BSM Ciamis dan Ponpes Darussalam.

Sebanyak 500 siswa yang terdiri dari pengurus PDGI, siswa-siswi, Guru dan Orang tua murid se-Kecamatan Ciamis.

Meskipun dalam keterbatasan tatap muka tidak akan menghalangi kemerdekaan untuk senyum.

“Kita mengajak seluruh masyarakat menjaga kesehatan mulut dengan gosok gigi pagi dan sore. Serta rutin mengecek gigi selama 6 bulan sekali,” ujarnya.

*HUMAS CIAMIS

News Feed