oleh

Desa Imbanagara Adakan Pelatihan Bumi daya Maggot

Berita Ciamis, (Jawa Barat),– Desa Imbanagara, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi salah satu penggerak di bidang usaha budidaya maggot di Ciamis.

Maggot merupakan belatung yang termasuk keluarga lalat, saat ini banyak dibudidayakan karena permintaan pasar yang cukup tinggi.

Selain menjadi ladang usaha produktif untuk pakan ternak, budidaya magot bertujuan sebagai metode pengurai sampah organik yang efektif.

Budidaya maggot telah menjadi andalan Bumdes Desa Imbanagara mengundang dari unsur perangkat desa dari unsur BPD dari unsur LPM dari kelompok tani gapoktan atau masyarakat

Kaur Pelayanan Desa Imbanagara Ciamis, Kartawan,

Kaur Perencanaan Guntara mengatakan, magot merupakan salah satu pakan ternak termasuk ayam.

“Dengan adanya budidaya magot ini tentu akan tercipta kemandirian peterna ayam, jika sudah membudidayakan magot jadi tak usah lagi beli pakan,” ucapnya.

Pihaknya juga mengajak kepada masyarakat di berbagai wilayah agar mampu melakukan pengolahan sampah seusai aturan dari pemerintah. Aturan tersebut menyebutkan setiap wilayah harus ada bank sampah dan budidaya maggot.

 “Tentu tujuannya selain sampah menjadi bernilai ekonomis, lingkungan menjadi bersih dari sampah,” jelasnya.

Dikatakan Kaur Pelayanan, Kartawan,  saat ini banyak peternak baik unggas atau ikan yang memilih menggunakan maggot untuk pakan ternak mereka.

Sehingga, peluang budidaya magot sangat prospektif.

“Kita bertahap saja, hanya harapan kita budidaya maggot ini bisa menjadi mitra para peternak,” ungkapnya. (Riz)

Komentar

News Feed