oleh

Digagas, Dana Desa untuk Pengelolaan Sampah

BERITA KAB.CIAMIS (JAWA BARAT) — – Kepala Desa Sumberjaya Kecamatan Cihaurbeuti Kabupaten Ciamis, Harris  Iwan Gunawan menyebutkan, masyarakat perlu melakukan tindakan mengurangi dampak risiko bencana atau mitigasi dan adaptasi untuk mengatasi perubahan iklim serta menekan kerugian akibat bencana. Ketika banjir atau ada genangan di pemukiman, maka menurutnya, salah satu solusinya bisa membuat sumur resapan dan memperbanyak penanaman biopori.

“Dengan begitu, tanah akan subur dan air tidak mudah lepas dari tanah. Sebenarnya mudah, tetapi perlu niat dan tindakan,” katanya, Selasa (10/12/2019).

Berbicara pengelolaan sampah, ia menerangkan, semestinya dapat dijalankan di desa yang jauh dari lokasi tempat sampah sementara (TPS) dengan memanfaatkan Dana Desa.

“Perlu mewujudkan gagasan ini, Dana Desa bisa dialokasikan ke pengelolaan sampah. Trobosan ini bisa terwujud bila minimal ada Surat Edaran dan Peraturan Bupati yang mengatur itu. Kami yakin dengan begitu sampah tidak lagi menjadi salah satu sumber permasalahan di Kabupaten Ciamis,” jelasnya.

Kepala Desa Sumberjaya mengatakan, gagasan penggunaan Dana Desa memang perlu disepakati bersama dalam musyawarah desa. Kegiatan yang dimaksud, menurutnya, sudah dilakukan didesanya.

Dengan demikian, pihaknya yakin penggunaan Dana Desa sebagian dapat dimanfaatkan untuk pengelolaan sampah dan kelestarian alam.

“Kita pun bisa mengadopsi dari Peraturan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT),”jelasnya.

Pihaknya tidak ragu-ragu, segala sesuatunya dapat dirumuskan dan dikonsultasikan.

“Melalui bank sampah yang sudah dirintis sudah mendapat bantuan motor grobag,” imbuhnya. (Riz)

Komentar

News Feed