oleh

Dinas Kesehatan Ciamis Gelar Posbindu Lintas Sektor

BERITA CIAMIS-— Dinas kesehatan kabupaten Ciamis mengadakan kegiatan pertemuan advokasi perencanaan anggaran dana desa dalam rangka peningkatan kapasitas Posbindu penyakit tidak menular (PTM) bagi lintas sektor .

Acara di gelar  di aula gedung  dinas kesehatan acara tersebut di hadiri oleh sekertaris daerah H. Asep Sudarman, beserta unsur Forkopinda camat serta para kepala puskesmas se-kabupaten Ciamis

Kepala bidang P2P (program Penanggulangan penyakit) dr. Yoyo pada Dinas Kesehatan Kab. Ciamis saat di wawancara di sela kegiatan menyampaikan Posbindu PTM diikuti 37 puskesmas serta 27 kecamatan se-kabupaten Ciamis, tujuanya dalam penanggulangan penyakit di butuhkan dukungan dari beberapa pihak termasuk dari segi pemberdayan di sertai dukungan anggaran yang saling terkait.

kepala bidang P2P (program penanggulangan penyakit) dr. Yoyo

“Sehingga dapat meningkatkan sikap mawas diri masyarakat terhadap faktor risiko PTM sehingga meningkatkan kasus PTM dapat di cegah sikap mawas diri ini di tunjukan dengan adanya perubahan perilaku masarakat yang lebih sehat dan memanfaatkan fasilitas pelayanan  kesehatan tidak hanya pada saat sakit, melainkan juga pada keadaan sehat,”Ujar dr. Yoyo

Kegiatan Posbindu PTM sangat jelas memerlukan pembiayaan yang memadai untuk di pergunakan sebagai biaya pengadaan sarana ,biaya operasional, perjalanan kader, peyediaanbbahan habis pakai, penyelenggaran pertemuan, biaya rujukan dan lain-lain.

“Adapun regulasi pendukungnya adalah PP nomor 2 tahun 2016 tentang SPM, Permenkes nomor 4 tahun 2019 tentang SPM, bidang kesehatan inpres nomor 1 tahun 2017 tentang Germas dan permendes nomor 19 tahun 2017 tentang pemanfaatan dana desa,”pungkas dr.yoyo. (Suryana)

Komentar

News Feed