oleh

Gegempalan Expo, Kades Dorong Produk Bumdes

Berita Ciamis (Jawa Barat) – Rencananya besok Jumat 20 Desember 2019 pukul 13:30 WIB produk-produk unggulan dari Badan Usaha Milik Desa  (Mumdes) segera dipamerkan, tujuannya untuk memperkenalkan produk andalan desa dan mempermudah pemasarannya.

Pemerintah desa melalui Bumdes Gegempalan Kecamatan Cikoneng Kabupaten Ciamis mendorong hal tersebut.

Kepala Desa Gegempalan, Wawan Munawar mengatakan, banyak produk unggulan di Desa Gegempalan namun diakuinya segi legalitas masih lemah.

Oleh sebab itulah, dirinya mendorong Bumdes untuk mempamerkan produknya.

Terlebih saat ini, Pemerintahan Desa atau Bumdes menjadi harapannya, produk Bumdes yang ada di Gegempalan bisa dipasarkan di tingkat provinsi bahkan menasional.

Pada Bumdes Expo yang digelar Pentas Kesenian, dan berbagai aneka perlombaan serta olahraga gerak jalan santai.

Kepala Desa Gegempalan, Wawan Munawar

“Atas nama Pemerintah Desa Gegempalan, saya mengapresiasi dan menyambut baik dengan diadakannya Pameran Bumdes Expo 2019, kita hantarkan Pembangunan Ekonomi Rakyat Melalui Pengelolaan BUMDes Yang Profesional Menuju Mencapai Kesejahteraan Perekonomian Desa,” katanya.

Pihaknya selalu mendorong Bumdes di Gegempalan terus berkembang, mengembangkan potensi-potensi yang ada di desanya.

Dijelaskannya, saat bertemu dengan pengurus Bumdes, ternyata sebagian besar kebingungan cara memulai dan menjalankan usaha desa, sedangkan penyertaan modal dari pemerintah desa atau Pambakal sudah masuk ke Bumdes.

“Akhirnya kami berinisiatif satu-satunya cara untuk memulai menjalankan Bumdes adahal harus dimulai dengan menggali potensi yang ada di desanya. Bumdes Gegempalan hingga saat ini sudah ada membina beberapa pelaku usaha di Desa,” katanya.

Wawan menambahkan, pembinaan berupa bagaimana caranya agar mereka bisa terus meningkatkan sebuah produk, termasuk perizinannya. (Riz)

Komentar

News Feed