oleh

H. Ludi Darmawan, M. Si : Transparansi Anggaran Desa Jadi Program Prioritas

Berita Ciamis (Jawa Barat) – Bakal Calon Kepala Desa Sindangherang Kecamatan Panumbangan ,H.Ludi Darmawan, SE, M.Si, bertekad akan memajukan Desa Sindangherang dengan berbagai terobosan. Di antaranya akan membudidayakan ubi Cilembu yang punya prospek cerah ke depan.

“Ubi Cilembu punya nilai ekonomis yang tinggi. Tanah di Sindangherang sangat cocok untuk tanaman ubi Cilembu. Karena itu, kalau saya terpilih akan menjadikan Desa Sindangherang sebagai centra ubi Cilembu, ” ujar Ludi, Jumat (21/2/2020) di kediamannya.

Menurut Ludi, pertanian akan menjadi fokus program andalannya. Karena itu, ubi Cilembu akan melengkapi produk pertanian di Desa Sindangherang. Setiap tanah kosong kelak akan ditanami ubi Cilembu.

“Saya akan galakkan penanaman ubi Cilembu di setiap dusun. Ini terobosan saya untuk menaikkan penghasilannya para petani. Sebagai putra daerah saya harus berkontribusi untuk masyarakat,” ujar Ludi yang juga dosen di IKOPIN Jatinangor.

Disamping masalah pertanian, Ludi berjanji akan melakukan transparansi anggaran desa. Selama ini anggaran desa terkesan hanya sebagian kecil yang tahu dan paham kemana dan untuk apa anggaran itu.

“Saya akan melakukan transparansi publik dalam masalah anggaran desa. Literasi anggaran diperlukan agar masyarakat tidak berpikir negatif dalam masalah anggaran,” ujar Ludi.

Dikatakan Ludi, anggaran akan berdampak langsung terhadap pembangunan desa. Untuk itu, diperlukan tata kelola yang baik dan tepat sasaran. Semua perangkat desa akan diberdayakan agar makin cerdas dalam mengelola program kegiatan desa.

“Intinya saya akan memaksimalkan anggaran desa untuk kemaslahatan masyarakat. Dengan begitu kelak semua pihak akan merasakan kesejahteraan sesuai peran masing -masing, ” ujar Ludi. (Lis) **

Komentar

News Feed