oleh

Hepatitis A Melanda Cihaurbeuti

BERITA KAB.CIAMIS (JAWA BARAT)– – Kasus Hepatitis A biasanya meningkat di akhir kemarau dan di masa awal musim hujan.

Hepatitis A merebak di Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Puluhan masyarakat tertular oleh infeksi virus hepatitis A ini.

“Jika melihat peningkatan jumlah kasus pada satu tempat bisa disampaikan bahwa ada sumber makanan dan minuman yang menjadi sumber penularan virus tersebut. Miris memang kalau memang sumber penularan ada di sekolah atau seputar kampung,” ujar Rustiadi, SKM Kepala Puskesmas Cihaurbeti Rabu (4/12/2019).

Keamanan pangan memang masalah utama baik di sekolah-sekolah maupun di masyarakat kita. Penjualan makanan khususnya kaki lima kadang kurang peduli dengan keamanan pangan yang disajikan. Untuk mencuci bekas makan piring, sendok hanya dengan menggunakan dua ember dan lap yang dipakai berulang-ulang.

“Pengawasan harus dilakukan terus menerus dengan melibatkan semua pihak, pihak Puskesmas sudah mendata dan memeriksa korban terserang hipatitisA ke desa – desa di kecamatan Cihaurbeti

“Rencananya kami besak akan mengundang para guru utusan dari masing – masing sekolah dari tingkat SD sampai SMA untuk mensosialisasikan penyebab dan pencegahan hrpatitis,:pungkasnya. (Riz)

Komentar

News Feed