oleh

Hari Jadi Kabupaten Ciamis Secara Virtual

Berita Kab.Ciamis — — Bupati Ciamis Herdiat Sunarya  menyampaikan Pidato dalam rangka Hari Jadi ke-378 Kabupaten Ciamis di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (11/6). Pidato disampaikan secara virtual dan live streaming di akun Youtube Humas Ciamis.

Dikarenakan mewabahnya pandemi COVID-19 yang penyebarannya tidak hanya di Indonesia bahkan sampai seluruh Dunia, Pelaksanaan Hari Jadi ke-378 Kabupaten Ciamis dilakukan dengan sederhana.

Hari jadi Ciamis mengangkat tema “Dengan Semangat Hari Jadi ke-378 Kabupaten Ciamis Kita Tingkatkan Kepedulian Sosial dan Satukan Tekad untuk Ciamis yang Lebih Baik” dengan tagline “Ciamis Peduli, Pakena Gawe Rahayu.

Tema tersebut sebagai memaknai situasi kondisi yang berkembang dengan menurunnya kondisi sosial dan kondisi ekonomi yang mengharuskan kita meningkatkan kepedulian terhadap sesama dengan memberikan bantuan yang disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Kita merasa prihatin atas hal yang menimpa saudara-saudara yang terdampak COVID-19, wabah penyakit ini tidak hanya berdampak pada kesehatan namun berdampak pada aspek ekonomi, sosial, budaya dan aspek lainnya.

“Pemerintah Kabupaten Ciamis terus mengupayakan berbagai hal yang bisa meringankan masyarakat sesuai dengan kemampuan dan sumberdaya yang ada dengan memperhatikan ketentuan perudangan yang berlaku,” ucap Herdiat.

Pemkab Ciamis melalui Pemerintah Desa telah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT Desa), pendirian dapur umum disetiap desa yang didalamnya ada donasi dari Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Ciamis.

“Bantuan pun datang dari berbagai sumber seperti dari Pemerintah Pusat, Provinsi Daerah, dan para donatur yang membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak,” tambah Herdiat.

Dalam mengalokasikan dan penyaluran bantuan agar memperhatikan regulasi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kami berharap.

“Perhatikan regulasi peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kami berharap pasca pandemi COVID-19  tidak ada yang tersangkut permasaahan hukum,” harap Herdiat.

Ia mengajak untuk tingkatkan kepedulian sosial, jaga kebersamaan dan satukan tekad bahu membahu untuk memerangi COVID-19.

Jadikan momentum peringatan Hari Jadi Ciamis yang sederhana ini sebagai media introspeksi dan lebih mendekatkan diri kepada Allah Swt serta berdo’a semoga wabah COVID-19 segera berakhir dan kita semua bisa beraktifitas sebagaimana biasa,”haeap Herdiat.

Dalam menangani Covid-29 Pemerintah Daerah telah melakukan beberapa kebijakan dengan mentapkan Status Siaga Darurat Bencana Wabah Penyakit Virus Disease 2019 (COVID-19) ditindaklanjuti dengan pembentukan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Ciamis.

Selain itu Surat Edaran serta Penerbitan Peraturan Bupati tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB)dalam penanganan COVID-19.

“Sesuai hasil analisisi Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jawa Barat, Kabupaten Ciamis berada di level 2 (zona biru/moderat) bersama dengan 15 Kabupaten Kota di Jawa Barat dan direkomendasikan untuk menerapkan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau New Normal,” ungkapnya.

Herdiat menerangkan dibeberapa Kecamatan masih diterapkan PSBB Parsial yang akan berakhir pada 12 Juni 2020.

Ia juga menghimbau Kepada seluruh masyarakat Tatar Galuh untuk menerapkan kebiasaan berperilaku hidup bersih dan sehat serta disiplin terhadap protokol kesehatan, seperti mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan orang dan keramaian, memakai masker apabila keluar rumah dan jaga jarak.

“Senantiasa bersabar dan bertawakan dan bedoa, agar ujuian beakhir dan kita semua selalu dalam lindungan Allah swt,” ucapnya.

Ciamis dalam kurun waktu Juni 2019 sampai 12 Juni 2020 telah meraih berbagai penghargaan diantaranya WTP dalam pengelolaan keuangan daerah, Level 3 Maturitas sistem oengendalian Intern Pemerintah SPIP, prestasi baik Pada Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah, Adipura, WTN dan sebagainya

Penulis.   : Jepri

Komentar

News Feed