oleh

Kapolres Bersama Walikota Banjar Melakukan Kuker Ke Sejumlah Kelompok Wanita Tani Se-Kota Banjar

Berita Kota Banjar – Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih bersama Kapolres Banjar AKBP Melda Yanny, S.I.K., M.H., melakukan kunjungan kerja bersama ke sejumlah Kelompok Wanita Tani di wilayah Kota Banjar, Jawa Barat, Rabu (10 Juni 2020).

Dalam kunjungan tersebut Walikota beserta Kapolres Banjar didampingi oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Banjar, Aswin dan Para Camat di wilayah Kota Banjar. Selain itu, tampak hadir Danramil 1325/Langensar, Mayor Inf Agung Subekti, Wadanramil 1313/Banjar, Kapten Yuni Ariyadi, dan para Bhabinkamtibmas serta Babinsa.

Kunjungan kerja pertama diawali di Desa Raharja, Purwaharja ke Kelompok Wanita Tani Jamaica. Disana rombongan Walikota dan Kapolres Banjar melakukan interaksi kepada para anggota KWT.

Rombongan juga meninjau langsung ke beberapa lokasi pertanian yang dikelola anggota di lahan kosong sekitar area pekarangan rumah. Walikota dan Kapolres berkesempatan langsung memamen hasil pertanian, berupa cabai, daun singkong dan pare serta melihat pengelolaan tanaman hidroponik milil KWT Jamaica.

Setelah dari KWT Jamica, rombongan melanjutkan kunjungannya ke KWT Mekar Rahayu Desa Sinartanjung, Pataruman. Sama seperti dilokasi KWT Jamaica, di KWT Mekar Rahayu Walikota juga meninjau pertanian yang digarap di sekitar area pekarangan rumah warga.

Selain menyapa warga, Walikota dan Kapolres Banjar berksempatan langsung memanen rempah-rempah berupa kunyit. Dimana kunyit ini sangat banyak sekali khasiatnya terlebih di tengah pandemi guna menjaga daya tahan tubuh.

Kemudian rombongan melanjutkan kunjungan kerjanya di Desa Kujangsari, Langensari, untuk menyapa warga dan anggota KWT Pojok Subur. Disini Walikota dan Kapolres meninjau kebun bunga serta memanen tanaman sawi hijau milik anggota KWT.

Dalam kunjungan tersebut, Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih mengatakan, kunjugan kali ini dilakukan dalam rangka untuk memberikan motivasi kepada para Kelompok Wanita Tani agar terus bersemangat dalam mengoh lahan disekitar rumah. Dengan cara ditanami tanaman yang bermanfaat seperti sayur, palawija, hingga buah-buahan.

“Saya bersama Kapolres Banjar datang untuk berikan motivasi semangat kepada para anggota Kelompok Wanita Tani dan warga sekitar untuk memanfaatkan lahan kosong disekitar rumah. Ini menjadi bagian dari menyukseskan program pemerintah dari segi ketahanan pangan, terlebih saat ini ditengah pandemi Covid-19,” katanya.

Walikota berharap, para KWT ini dapat mengembangkan lagi keanggotannya untuk bersama-sama mengolah lahan kosong menjadi sesuatu yang bermanfaat. Sehingga lingkungan menjadi lebih asri dan sejuk serta warga mendapatkan tambahan penghasilan dari hasil tanaman yang diolah di sekitar pekarangan rumah.

“Saya minta, kalo hari ini anggotanya 30 orang, kedepan bisa bertambah menjadi 50 orang serta saya minta kedepan tidak ada lahan kosong, semua lahan kosong disekitaran rumah menjadi produktif. Saya juga akan mensuport bibit tanaman untuk para anggota, sehingga ketahanan pangan warga dapat terjaga dan warga dapat hidup sejahtera serta mewujudkan Banjar Berseri, \’Bersih Pemerintahannya Sejahtera Rakyatnya Asri Lingkungannya Menuju Banjar Agropolitan\’,” tandasnya.

Pada kunjungan kerja kali ini, Walikota dan Kapolres Banjar juga meninjau lokasi Kelompok Lumbung Pangan di Desa Muktisari, Langensari yang menjadi salah satu Lumbung Padi Kota Banjar. Serta mengunjungi perkebunan Belimbing Madu di Desa Waringinsari, Langensari milik Bapak Muhson.

Penulis.  : Humas Polres

Editor.    :  Jepri

Komentar

News Feed