oleh

Karangtaruna Cihaurbeuti Gelar Gebyar Akhir Tahun

Berita Ciamis (Jawa Barat) – Karangtaruna Kecamatan Cihaurbeuti mengadakan program Gebyar akhir tahun 2019 di deda Cihaurbeuti, Kamis (29/01/2020).

Dijelaskan Ketua Karang Taruna Kecamatan Cihaurbeuti, Josep Mardiana SH M.Pd, kegiatam ini adalah sebagai penguatan organisasi karang taruna kedepan.

“Kami disini bersinergi dan kolaborasi, kemudian berkonsultasi dengan beberapa pihak terkait, mulai dari karang taruna yang ada di desa, kecamatan termasuk tingkat kabupaten juga dengan pemda pemerintah daerah Ciamis

Dilanjutkannya, kegiatan ini juga pelatihan dan merupakan kegiatan yang pertama diadakan di Kabupaten Ciamis untuk karang taruna.

“Jadi ini yang pertama kali dari 27 kecamatan yang ada karang taruna nya diberikan materi, materi terkait penguatan organisasi dasar-dasar manajemen konflik sosial mulai dari teori, praktek sampai dengan pemetaan hasil kedepannya,”jelas Josep.

Sesuai dengan visi misi di kecamatan Cihaurbeuti terutama karang taruna dan pemerintahan, yaitu ingin terciptanya karang taruna yang aktif, kreatif, inovatif, berakhlakul karimah berlandaskan dengan akhlakul karimah untuk menuju ekonomi produktif tahun 2024.

“Ini melihat dari masa bakti kami yaitu hanya 5 tahun dari 2019 sampai dengan 2024, semua pemuda-pemudi yang ada di kecamatan Chaurbeuti harus aktif, kreatif, inovatif, berakhalakul karimah dan ekonomi produktif, karena itu menjadi cita-cita atau tujuan dari karang taruna,”tegasnya.
 
Kegiatan sosial dalam hal ini menurut Josep, masyarakatnya harus berdaya, masyarakatnya harus mengembangkan potensi yang dimiliki.

“Kami yakin, setiap masyarakat yang ada di sini punya potensi diri dan potensi wilayah keunggulan yang ada di daerah itu sendiri dan ini menjadikan penopang kabupaten, karena ini adalah visi misi dari bupati Ciamis yaitu ekonomi produktif terdepan dalam pemberdayaan,”tegas Josep.

Pihaknya juga menginginkan Cihaurbeuti menjadi teras Galuh sebagai gerbang awal untuk masuk Ciamis itu

“Galuh muka Ciamis tentunya ini harus diisi oleh siapa oleh kita semuanya termasuk karang taruna yang berpotensi yang ada di Ciamis kedepannya,”ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut kurang lebih 150 orang mulai dari pemerintahan kecamatan pemerintahan desa baik itu dari kepala desa, kasi pelayanan, BPD, ketua bumdes termasuk pendamping Desa, pengurus karang taruna tingkat Desa, tingkat kecamatan, organisasi masyarakat yang ada di kecamatan Cihaurbeuti, Pemuda Pancasila, Gibas, FKPPI termasuk beberapa organisasi lain termasuk OSIS SLTP. (Har)

Komentar

News Feed