oleh

Kembali Polsek Rajagaluh Dukung Ketahanan Pangan Dengan Penebaran Benih Ikan Nila Di Kolam Mapolsek Rajagaluh

Berita Polres Majalengka — Ketahanan pangan adalah ketersediaan pangan dan kemampuan seseorang untuk mengaksesnya. Sebuah rumah tangga dikatakan memiliki ketahanan pangan jika penghuninya tidak berada dalam kondisi kelaparan atau dihantui ancaman kelaparan.

Pendemi Corona Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya berdampak terhadap ketahanan pangan.

Demi mengurangi dampak tersebut Kapolsek Rajagaluh Polres Majalengka kembalo menginisiasi masyarakat melalui karangtaruna membudidayakan ikan mujaer dan ikan lele untuk memenuhi lauk pauk.

Menurut Kapolres Majalengka AKBP Dr. Bismo Teguh Prakoso melalui Kapolsek Rajagaluh AKP Jaja Gardaja, kolam yang dipilihnya merupakan lahan milik Polsek Rajagaluh. Lokasinya tepat di belakang Mapolsek Rajagaluh.

Budi daya ikan nila butuh waktu tiga hingga empat bulan panen. Jangka waktu itu akan efektif memenuhi kebutuhan dapur, jika Covid-19 tak kunjung berakhir.

“Saya tidak hanya menanam ratusan ekor benih ikan nila ini saja. Tapi ingin menyaksikan hasil panen sukses yang memang benih ikan nila kualitas bagus ini kita tanam bersama dengan warga, karangtaruna dan Muspika Rajagaluh,” kata AKP Jaja Gardaja, Senin (8/6/2020) .

Nantinya masyarakat dan karangtaruna tinggal mengurus budi daya ikan mujaer dengan memberi pakan dan mengontrol saluran air agar hasil panen maksimal. Selama budi daya ikan, masyarakat dan karangtaruna tidak dilepas begitu saja karena ada tenaga ahli untuk penyuluhan. Polsek Rajagaluh juga menempatkan personel Bhabinkamtibmas sebagai vioner bersama Babinsa.

“Mudah-mudahan imbas ekonomi karena Covid 19 ini bisa tertangani dengan budi daya ikan mujair dan kedepannya kita siapkan budi daya ikan lele. Mari kita kembangkan komoditas ikan air tawar agar kualitasnya kian bagus,” kata Kapolsek.(Rudi)

Komentar

News Feed