oleh

Kota Banjar Raih Penghargaan Predikat B Di Ajang SAKIP AWARD 2019

Kota Banjar (Jawa Barat). Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat raih predikat B pada ajang penghargaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Isntansi Pemerintah (SAKIP) dengan nilai 67. Pada acara SAKIP AWARD 2019 yang digelar di Batam, Senin (11/2/2020), Kota Banjar termasuk lima kota dan kabupaten yang meraih predikat B.

Wakil Walikota Banjar, Nana Suryana didampingi Inspektur Ir H Ojat Sudrajat, yang ditemui Kamis (13/2/2020) mengatakan, bagi Kota Banjar prestasi di ajang SAKIP AWARD 2019 ini merupakan hasil kinerja semua pihak.

“Kota Banjar berhasil mempertahankan predikat B. Ini bukti
kinerja pemerintah sudah maksimal, angka 67 itu poin tertinggi,” ujar Ojat.

Menurut Ojat, kinerja merupakan suatu hasil yang hendak dicapai sehubungan dengan anggaran yang telah dikeluarkan dengan kuantitas dan kualitas terukur (Indikator).

Adapun rangkaian secara sistematik dari berbagai aktivitas, prosedur untuk penetapan, pengukuran, pengumpulan data, pertanggungjawaban dalam mencapai tujuan dan sasaran dari RPJMD maupun RENSTRA PD itulah yang dinamakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP).

“Sesuai dengan amanat pada Peraturan Menteri PANRB Nomor 12 Tahun 2015 tentang Pedoman Evaluasi atas Implementasi SAKIP, setiap tahun dilakukan Evaluasi SAKIP pada Pemerintah Prov,Kab dan Kota . Evaluasi tersebut meliputi 5 (lima) komponen penilaian yaitu Perencanaan, Pengukuran Kinerja, Pelaporan Kinerja, Evaluasi Internal dan Capian Kinerja. Perolehan hasil evaluasi SAKIP Pemerintah Kota Banjar Tahun 2019 oleh KemenPAN RB pada nilai 67 atau masuk pada kategori B (Baik),” tambah Ojat.

Dikatakan Ojat, kategori B berada pada range angka 60 – 70. Dengan interpretasi Baik yaitu Akuntabilitas kinerjanya sudah baik, memiliki sistem yang dapat digunakan untuk manajemen kinerja, dan perlu sedikit perbaikan.

” Alhamdulillah , pencapaian pada tahun 2019 ini merupakan suatu raihan kinerja yang baik, dengan dimulai dari penyusunan Indikator yang terukur dalam mewujudkan tujuan dan sasaran PD di lingkup Pemerintah Kota Banjar,” ujar Ojat. (Lis)

Komentar

News Feed