oleh

Sertijab Kalapas Banjar

Dari 3 Kalapas yang melaksanakan sertijab tersebut salah satunya yaitu Kalapas Kelas II B Banjar yang sebelumnya di Jabat Bawono Ika Sutomo sekarang digantikan oleh Mohamad Maulana dari Lapas Kelas II B Makasar.
Pada kesempatan serah terima jabatan tersebut Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Banjar, Mohamad Maulana mengatakan, untuk saat ini pihaknya akan melakukan koordinasi internal dan komunikasi lintas sektoral.

Komunikasi tersebut lanjutnya, karena proses pemasyarakatan di lapas bisa berjalan dengan baik ketika didukung oleh warga pemasyarakatan, petugas dan aparatur pemerintahan yang lain. “Karena kita masih baru tentu harus membangun komunikasi. Baru kemudian fokus pembinaan,” kata Maulana.

Beberapa program pembinaaan yang akan difokuskan itu lanjutnya, diantaranya peningkatan kapasitas petugas pemasyarakatan, pembinaan kepribadian dan kemandirianwarga binaan lapas.

“Tangggung jawab pembinaan ini tentunya bukan dari kami saja tapi juga perlu dukungan dari semua pihak,” ujarnya.

Kalapas Kelas II B Banjar yang akan segera berpindah tugas Bawono Ika Sutomo menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu terlaksananya berbagai program pembinaan di Lapas Banjar semasa dirinya menjabat. Setelah ini, kata Bawono ia akan berpindah tugas di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Makasar sebagai Kepala Bidang Pembinaaan Narapidana.

“Terima kasih atas dukungannya selama ini. Apa yang menjadi program berkelanjutan nanti bisa dilanjutkan lagi oleh Kalapas yang baru,” ucapnya.

Sejumlah Kepala Lembaga Pemasyarakatan lain yang melaksanakan sertijab yakni Kalapas Kelas II B Ciamis dari sebelumnya Dadang Sudrajat diganti oleh Soni Sopyan. Kemudian Kalapas Kelas II B Sumedang dari sebelumnya Suranto diganti Imam Sapto Riadi dan Kepala Rutan Negara Garut dari sebelumnya Ratri Handoyo Eko Putro diganti oleh I Wayan Bondan Kusuma Dusak.

Dalam sambutannya, DR. Hj. Ade Uu Sukaesih, S.IP., M.Si., mengucapkan terimakasih kepada Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Banjar atas kerjasama dan sinergisnya dengan pemerintah Kota Banjar. “Saya pribadi mengucapkan terimakasih banyak kepada pak Kalapas Bawono Ika Sutomo, semenjak mengemban tugas di Lapas Kelas II B Banjar ini beliau sangat sinergis dengan pemerintah Kota Banjar dan kinerjanya sangat luar biasa,” ujarnya,

Wali Kota  berharap hal serupa dapat terjalin dengan Kalapas yang baru menjabat di Lapas kelas II B Banjar. Kata dia, meskipun ditengah pandemi Covid-19, kegiatan di dalam Lapas Kelas II B Banjar sangat baik sekali dan harus lebih ditingkatkan lagi.

“Selama kurang lebih sekitar 11 bulan, kinerja bapak Kalapas Bawono Ika Sutomo A.Md., IP., SH., M.Si., sangat baik meskipun ditengah pandemi tetapi tetap berjalan. Saya berpesan kepada Kepala Lapas Kelas II B Banjar yang baru bapak Mohamad Maulana, A.Md., IP., SH., M.Si., harus bisa bersinergi dengan siapapun,” tandasnya.(sumber:Kominfo)

News Feed