oleh

Lapas Kelas IIB Ciamis Dirazia Tim Gabungan

BERITA KAB.CIAMIS (JAWA BARAT) — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ciamis melakukan razia antisipasi peredaran narkoba di sel para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Sejumlah petugas sipir gabungan baik dari BNN, Polres dan Kodim Ciamis memeriksa semua tahanan di Lapas Kelas IIB Ciamis, Sabtu (14/12/2019) sore.

Kegiatan terpadu yang terdiri dari tiga sektor, dari Polres sebagai penguatan di bidang pengamanan, dari BNN Ciamis diminta untuk memberikan penguatan.

Razia yang digelar oleh sekitar 50 petugas lebih itu memeriksa semua blok dan kamar para tahanan serta melakukan tes urine pada para tahanan.

Sekitar 3 jam lamanya pemeriksaan yang dilakukan, petugas gabungan menemukan sejumlah barang yang dianggap sebagai larangan bagi warga binaan diamankan.

petugas BNN dan Sipir Lapas Kelas IIB Ciamis sedang melakukan tes urine pada tahanan

Kepala Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Lapas Kelas IIB Ciamis, Hardi Yus Yudianto mengatakan, razia ini merupakan kegiatan gabungan antara Lapas, BNN,Polres dan Kodim Ciamis.

“Kami ucapkan terima kasih pihak BNN, Polres dan dan Kodim Ciamis yang telah membantu kami melakukan razia dengan tujuan untuk meminimalisir atau mencegah adanya peredaran narkoba didalam lapas,”jelasnya.

Selain memeriksa semua blok dan kamar para tahanan, juga dilakukan tes urine kepada 50 orang penghuni kamar tahaman narkoba dan beberapa tahanan kriminal umum serta tahanan wanita.

“Dari hasil tes urine dari sampel 50 orang itu, ada beberapa yang hasilnya perlu dikonfirmasi lebih lanjut, nanti mungkin dari BNN yang menjelaskan,”terang Hardi Yus.

Sementara Kepala Badan Narkotika Nasional Ciamis, Engkos Kosidin telah    mengkonfirmasi orang-orang tahanan yang mungkin positif tapi sedang minum obat didalam lapas IIB Ciamia.

“Untuk mengetahui obat itu mengandung zat yang mengandung narkotika, kami perlu mengkonfirmasi dengan asesmen dan hasilnya memerlukan waktu yang cukup lama,”jelaanya.

Karena, menurut Engkos boleh jadi dia sedang minum obat sakit kepala atau obat sakit lain yang sedang diminumnya.

Razia gabungan di lapas Kelas IIB Ciamis

“Saya tidak berani menyebutkan dia positif pakai narkotika tapi perlu dikonfirmasi karena ini kan sifatnya Revi tes atau tes cepat, jadi ada yang positif atau samar-samar nunggu sampai beberapa hari,”tandasnya.

Wakapolres Ciamis, Kompol Lalu Wira Sutriana K menambahkan, pihaknya hanya membantu pengamanan dalam razia gabungan didalam lapas Kelas IIB Ciamis.

“Kami dari kepolisian hanya membantu  keamanan dalam razia gabungan di lapas Kelas IIB Ciamis,”pungkasnya.  (Riz)

Komentar

News Feed