oleh

Pembukaan MTQH ke-XLIII Tingkat Kabupaten Ciamis Tahun 2019 Berlangsung Meriah

BERITA CIAMIS — Selasa (9/7) bertempat di halaman kantor Kecamatan Kawali, MTQH ke-XLIII tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2019 dibuka secara resmi oleh Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya.Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana, SH., unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis, para Kepala OPD, para Camat, para pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten Ciamis, peserta MTQH dan ribuan masyarakat.

Acara diawali oleh laporan panitia penyelenggara yang melaporkan bahwa MTQH ke-XLIIItingkat Kabupaten Ciamis tahun 2019 bertema “Dengan MTQH XLIII Tahun 2019 kita wujudkan Ciamis Agamis, Mandiri Sejahtera Untuk Semua”. Pelaksanaan berlangsung selama empat hari dari mulai selasa (9/7) sampai dengan jumat (12/7) dengan peserta sebanyak 868 peserta putra dan putri yang terdiri dari 27 kafilah dari 27 Kecamatan yang akan mengikuti 24 cabang dan golongan musabaqah. Untuk penilaian telah disiapkan dewan hakim yang ahli dibidangnya sebanyak 73 Orang.

Panitia berharap dengan diselenggarakannya MTQH ke-XLIII ini diharapkan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qurán (LPTQ) Kabupaten Ciamis dapat menghasilkan dan menginventarisir Qori-Qoriah, Hafidz-Hafidzoh, dan cabang lainnya yang berkualitas untuk bersaing pada Musabaqoh tingkat Provinsi, Nasional bahkan Internasional.

Pada sambutannya Bupati menyampaikan bahwa ajang MTQ ini selain ajang silaturahmi juga sebagai persiapan MTQ tingkat Jawa Barat. Bupati mensyukuri prestasi kontingen Kabupaten Ciamis meraih peringkat ke-6 di Jawa Barat. Selanjutnya Bupati dalam kesempatan itu juga berpesan kepada Dewan Hakim untuk melaksanakan penilaian secara objektif. Pada kesempatan ini juga Bupati menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan dukungan seluruh masyarakat untuk pembangunan Masjid Agung Kawali sampai dengan selesai.

Selanjutnya sebagai tanda dimulainya MTQH ke-XLIII tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2019, Bupati didampingi Wakil Bupati dan unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis melakukan pemukulan bedug. Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pula penyerahan piala bergilir dari juara umum MTQ tahun 2017 kepada Bupati yang selanjutnya diserahkan kepada ketua LPTQH Kabupaten Ciamis untuk diperebutkan kembali.

Pada kesempatan tersebut pula dilakukan penandatanganan prasasti Masjid Besar At-Taqwa Kecamatan Kawali diakhiri dengan penyerahan uang kadeudeuh kepada :

Peringkat ke-1 BPIH atas nama Yogi Pratama dan Syifa Azkil Fatia berupa biayaperjalanan ibadah haji sebesar Rp.35.000.000.-

Peringkat ke-2 atas nama Hilya Aliyatul Afizah, Khilda Minhatul Maula, dan Agi Faza Abdillah Dzinnuha diberikan uang pembinaan sebesar total Rp.17.500.000.-

Harapan 2 atas nama Akrom Mujahid mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp.4.500.000.-

Rangkaian kegiatan pembukaan MTQH ke-XLIII diakhiri dengan acara Tabligh Akbar oleh KH.Nanang Qosim, S.Ikom, MM.

Komentar

News Feed