oleh

Pemkab Ciamis Bersama TP PKK Sebarkan Seribu Paket Jajajanan Gratis

Berita Kab.Ciamis –– Memperingati hari jadi ke-378 Ciamis, Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (DKUKMP) bersama TP PKK Kabupaten Ciamis membagikan 1134 paket jajanan gratis kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kegiatan diawali dengan penyerahan paket jajanan dari DKUKMP Ciamis kepada TP PKK. Setiap paket berisi 5 macam jajanan yang dibeli dari para Pedagang Kaki Lima (PKL) di Ciamis.

“Pembagian jajanan gratis ini merupakan rutinitas dalam menyambut hari jadi Ciamis, namun disituasi Pandemi COVID-19 dilakukan dengan penyaluran langsung kepada masyarakat dan panti asuhan yatim piatu,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Ciamis Kania Ernawati Herdiat saat diwawancarai di Kantor DKUKMP Ciamis, Senin (15/6/2020).

Mudah-mudahan dengan pembagianan jajanan gratis dapat meringankan beban dan sebagai penyemangat bagi warga masyarakat Ciamis.

Dalam beradaptasi di Kebiasaan Baru Kania menghimbau kepada masyarakat Ciamis agar tetap mentaati Protokol kesehatan dan menerapkan physical distancing dalam setiap aktifitas kesehariannya.

“Menghadapi penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) Ciamis kita harus berpola hidup sehat, rutin mencuci tangan dan pakai masker, disiplin menerapkan protokol kesehatan serta menerapkan jaga jarak anta sesama,” ucapnya.

Sementara itu, seorang PKL, Maman, mengaku senang dan terbantu dengan dibeli jualnnya untuk paket jajanan gratis yang telah didistribusikan.

“Semoga pandemi COVID-19 segera usai, sehingga usaha bisa berjalan kembali seperti awal,” harapnya.

Ujang seorang tukang ojek penerima paket jajanan, mengaku senang dengan pemberian paket jajanan yang diberikan.

“Alhamdulillah, sangat senang sekali mendapat jajanan gratis, lumayan untuk keluarga dirumah,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan KUKM Ciamis David Firdha mengungkapkan, pembagian jajanan gratis bekerjasama dengan 142 PKL dari 12 titik di Ciamis, biasanya pembagian jajanan gratis  dilakukan dihalaman Pendopo dan DPRD namun dikarenakan kondiai pademi COVID-19 didistribusikan langsung  bekerjasama TP PKK Ciamis.

“Kita tetap ingin memberdayakan PKL oleh karena itu kegiatan tetap dilaksanakan dengan teknik pendistribusian berbeda,” ungkapnya.

Distribusi paket jajanan disalurkan ke 21 titik,  diantaranya diberikan di pangkalan ojek, petugas lapangan kebersihan, Yayasan Yatim Piatu, warga jompo dan masyarakat tidak mampu.

“Kegiatan ini sesuai dengan tagline Ciamis Peduli dengan memberikan kepada masyarakat yang membutuhkan dan terdampak Covid-19,” tuturnya.

Adanya pandemi COVID-19 pastinya berpengaruh terhadap omset PKL, dengan dilakukan kegiatn ini semiga bisa membantu dan memberikan semangat kepada PKL untuk berikhtiar.

Terkait AKB di lingkungan perdagangan Kepala Dinas KUKMP David Firdha menghimbau kepada pelaku usaha dan masyarakat agar patuh terhadap protokol keseheatan, terapkan physical distancing.

“PKL dan perdagangan di pasar tradisional dan pasar modern agar memperhatikan protokol kesehatan dan physical distancing dalam proses jual belinya, bekaitan dengan teknis selebihnya akan dibahas terlebih dahulu dengan gugus tugas,” terangnya.

Penulis.  : rls/jepri

Komentar

News Feed