oleh

PMR SMAN 1 Kota Banjar Gelar Donor Darah

Kota Banjar (Jawa Barat) – Palang Merah Remaja (PMR) Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kota Banjar, Jawa Barat mengadakan donor darah suka rela di sekolah setempat.

Menurut H. Ahmad Sobana, M.Pd, aksi sosial ini hasil kerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI). “Ini merupakan program rutin yang diadakan 3 kali tiap tahun, sebagai wujud kepedulian dengan sosial dan kemanusiaan,”ujarnya.

Sementara  Wakasek Humas, Drs. H. Endang Jaenudin, M.Pd mengatakan, ada sekitar 150 pendaftar yang ingin mendonorkan darahnya.

Wakasek Humas, Drs. H. Endang Jaenudin, M.Pd

“Mereka dari siswa, guru, karyawan DAN I Kota Banjar. Tidak semua pendaftar bisa mendonorkan darahnya, sebab ada yang tidak memenuhi syarat, seperti tekanan darah tinggi, hemoglobin dan berat badan yang berlebih,”jelasnya.

Ditambahkannya, donor darah memiliki banyak manfaat, di antaranya sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama, memperpanjang hidup orang lain, membantu menurunkan berat badan.

Satu kantong darah menurutnya dapat menyelamatkan tiga nyawa,  deteksi dini risiko kesehatan, meningkatkan sel darah merah, meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal, membantu sirkulasi darah, memperbarui sel darah dan mencegah penyakit langka. (Riz)

Komentar

News Feed