oleh

PPC Lakukan Kunjungan Kerja

Berita Ciamis (Jawa Barat) – Paguyuban Perikanan Ciamis (PPC) lakukan kunjungan kerja ke Anggota  Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) yang tergabung di PPC.

Dalam rangka monitoring dan evaluasi usaha perikanan, Pengurus PPC, H. Ade Kusnadi mengindentifikasi hambatan dan permasalahan dalam usaha pembudidayaan perikanan, serta meningkatkan komunikasi sesama pelaku usaha perikanan sebagai upaya menciptakan hubungan kerja yang baik.

“Persaingan di dunia perikanan harus lebih meningkatkan produksi dan kualitas perikanan, selain itu dia juga meminta kerjasama semua kalangan untuk ikut memajukannya,”kata H. Ade yang akrab dipanggil Akaw.

H. Akaw mengharapkan pembudidaya ikan Gurame dan ikan Nila di Kabupaten Ciamis bisa lebih berkembang.

“Untuk mengembangkan pembudidayaan perikanan di Kabupaten Ciamis ini perlu adanya bantuan penyuluh untuk mendampingi para petani pembudidaya ikan dan diharapkan Pokdakan selalu kompak dan bertujuan untuk mempertahankan Pokdakan itu sendiri,” ujarnya.

Selain itu juga, mengembangkan budidaya ikan nila berperan serta dalam meningkatkan tarap hidup/ekonomi masyarakat yang didasari oleh berbagai upaya.

“Berkat keuleutan dan tekad yang besar dari anggota kelompok, maka usaha yang yang dirintis pokdakan bisa berhasil membantu tarap hidup/ekonomi anggota”.ujarnya.

Ditambahkannya, sinergitas sangat penting bagi kelangsungan keberdayaan perikanan. Ada beberapa yang harus dikembangkan, salah satu contoh pengembangan Agropolitan dan program pengembangan budidaya perikanan itu sendiri.

“Kami di PPC bersama dinas peternakan perikanan Kabupaten Ciamis berupaya bagaimana para pembudidaya ini menjadi pelaku usaha yang bukan selalu melakukan usaha tapi Bagaimana usaha itu menghasilkan rupiah,”pungkasnya. (Abd)

Komentar

News Feed