oleh

Setiap Kantor Dinas Maupun Swasta di Ciamis Wajib Miliki Apar

Berita Ciamis (Jawa Barat) –  Sebagai bentuk waspada mencegah kebakaran di lingkungan kerja, Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Ciamis mengimbau Perangkat Daerah (PD) menyediakan Alat Pemadam Api Ringan (APAR). 

Kepala UPT Pemadam kebakaran Kabupaten Ciamis, Een Hendarli saat apel Gelar Pasukan Siaga Bencana, Selasa (21/01/2020), bertempat ditaman raflesia Alun-alun Ciamis mengatakan, keberadaan APAR sebagai bentuk antisipasi dini peristiwa kebakaran dipandang jadi keharusan. Pasalnya, APAR berfungsi mematikan api yang kecil sebelum menjadi kobaran besar.

Dia menegaskan, seluruh Dinas mengecek kembali keberadaan APAR sudah tersedia sesuai standar atau memang belum memiliki.

“Minimal ada 10 unit APAR harus tersedia di masing-masing dinas, dan 2 unit untuk swasta. Jika ternyata jumlahnya belum memadai dengan kondisi ruangan, hendaknya ditambahkan lagi bagi yang sudah memiliki, sedangkan untuk yang belum menyediakan, segeralah menyediakan APAR tersebut, karena khusus untuk Dinas biasanya anggarannya sudah tersedia”, paparnya.

Ditambahkannya, untuk saat ini kelengkapan peralatan kesiap siagaan penanggulangan bencana di Ciamis sudah meningkat. Tahun 2019 telah ditambah 3 unit mobil damkar beserta 3 unit tanggki, serta untuk 2020 akan diajukan lagi. Sedangkan untuk jajaran petugas nya pun sudah siap siaga.

“Kami dari tim Pemadam kebakaran, menyatakan kesiapan yang tidak hanya meliputi bencana kebakaran, kamipun siap menanggulangi bencana lainnya seperti banjir, penanganan hewan buas, ataupun darurat bencana lainyya”, pungkasnya. (Riz)

Komentar

News Feed