oleh

Tiga Aspek Dinilai Tim Surveior Akreditasi di Puskesmas Payungsari

Berita Jabar, Ciamis – Tim penilai akreditasi menyambangi UPTD Puskesmas Payungsari Kecamatan Panumbangan Kabupaten Ciamis. Mereka mengadakan survei selama 3 (tiga) hari di Puskesmas tersebut untuk melihat fasilitas dan pelayanan kepada masyarakat mulai 12 sampai 14 Desember 2019.

Tim penilai akreditasi yang ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan RI. Tiga (3) orang, penilai tersebut berasal dari wilayah yang berbeda untuk menjaga independensi penilaian. Tim terdiri dari 3 (tiga) unsur yaitu ADM, UKP dan UKM.

Kepala UPTD Puskesmas Payungsari, H. Tatang Koswara menuturkan bahwa UPTD Puskesmas Payungsari secara keseluruhan sudah memenuhi kriteria untuk mendapatkan tingkatan tertentu. Tiga (3) aspek menjadi target penilaian yaitu Administrasi dan Managemen (Pelayanan di kantor) Upaya Kesehatan Perorangan (tekhnis pengobatan di dalam puskesmas) dan Upaya Kesehatan Masyarakat yang terdiri dari 5 (Lima) program yaitu Pelayanan Kesehatan Dibidang Anak, Kesehatan Lingkungan, Promosi Kesehatan, Pencegahan Penyakit Perbaikan Gizi.

“Itu upaya yang pokok esensial penilaian puskesmas, ditambah lagi dengan kalau ada pengembangan seperti yang saat ini sedang giat-giatnya penanganan usia lanjut jadi itu tiga bidang yang dinilai,” katanya

Untuk level Dasar, nilai yang didapatkan di bawah 70, Madya (75), Utama (80) dan diatas 85 persen (Paripurna).

“Nilai itu nanti hasilnya ada beberapa macam kelulusan, bila nanti nilainya paling baik dari tiga bidang adalah paripurna,” tambahnya.

Secara keseluruhan Puskesmas Payungsari dinilai layak menyandang kriteria tertentu untuk wilayah kabupaten.

“Tapi kalau dari aspek penilaian sudah cukup bagus dan cukup tertata, namun ada beberapa hal yang belum memenuhi standar akreditasi secara nasional,” tandasnya.

Kepala UPTD Puskesmas Payungsari berharap Puskesmasnya akan mendapatkan nilai yang memuaskan dalam Akreditasi yang akan dinilai selama 3 hari oleh tim penilai.

Namun, akreditasi diharapkan bukan hanya untuk mengejar nilai tertentu, tapi dapat meningkatkan mutu pelayanan terhadap masyarakat. Mutu tersebut meliputi pelayanan dan fasilitas yang diberikan untuk melayani kebutuhan kesehatan masyarakat pada tingkat kelurahan. (Riz)

Komentar

News Feed