oleh

Yudi Nugraha: Guru Harus Selalu Mencari Ilmu Untuk Meningkatkan Kompetensi

Berita Ciamis (Jawa Barat) – Kepala SMPN 2 Ciamis, Yudi Nugraha, M. Pd, menegaskan,para guru di zaman milenial ini harus selalu belajar dan mencari ilmu untuk menunjang kompetensinya. Apalagi sekarang Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim meluncurkan program “Merdeka Belajar” tentu harus didukung kompetensi guru.

“Guru bukan sekadar transfer ilmu tapi juga harus memperkuat sisi pendidikan karakter anak. Selain bagus secara akademik, siswa juga harus bermoral, integritas, mandiri, religius dan bergotong royong. Ini yang akan dicapai dalam pembelajaran, ” ujar Yudi, Rabu (19/2/2020).

Menurut Yudi, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) dewasa ini yang semakin pesat mengakibatkan perubahan dalam dunia pendidikan. Khususnya, dalam memasuki era revolusi industri 4.0, segala perubahan yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Ini membuat dunia pendidikan harus menyesuaikan diri.

“Oleh karena itu siswa harus dibekali dengan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang memungkinkan untuk mandiri, sehingga dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi pembangunan bangsa dan negara,” tambah Yudi.

Kepsek SMPN 2 Ciamis Yudi Nugraha, M.P.d

Untuk menunjang hal ini, kata Yudi, pihaknya telah menggelar workshop pengembangan kompetensi dan keprofesian guru yang akan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Ciamis.
Kegiatan ini diharapkan dapat memenuhi sebagian tuntutan tersebut.

“Melalui workshop ini, guru dibekali dengan kompetensi yang terkait dengan tugas keprofesiannya, yang terkait dengan literasi, inovasi, dan pengembangan diri yang dapat dimanfaatkan secara kelembagaan untuk meningkatkan proses dan hasil pembelajaran di kelas,” ujar Yudi.

Dikatakan, kegiatan workshop ini bernama “Workshop Pengembangan Kompetensi dan Keprofesian Guru SMP Negeri 2 Ciamis, dengan tema Sinergi dan Inovasi melalui Literasi untuk Mengembangkan Kompetensi”.
Kegiatan workshop ini diadakan pada hari Jumat-Sabtu, tanggal 24 s.d 25 Januari 2020 di SMP Negeri 2 Ciamis.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, yang hadir bersama Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis.
Turut hadir pengawas pembina SMPN 2 Ciamis, Encim, S.Pd, M.Pd dan Ketua Komite SMPN 2 Ciamis, H. Tauhid Maskur, M.Pd.

Menurut Yudi, pengawas pembina memberikan materi Penguatan Softskills Guru Abad 21.
Sasaran kegiatan ini adalah seluruh 50 guru SMP Negeri 2 Ciamis.
Kegiatan workshop dilaksanakan dalam bentuk penyampaian materi melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, presentasi, dan simulasi.

“Narasumber internal: Dra. Hj. Yuyun Yunani, M.Pd.I, Tantan Sutandi Nugraha, S.Si, M.Pd., Aida Fathiya, S.Pd, dengan materi gamifikasi dalam pembelajaran melalui penggunaan smartphone, literasi digital, dan perlindungan guru.
Narasumber dari luar: Hj. Ai Tin Sumartini, M.Pd., dari SMP Negeri 5 Tasikmalaya dengan materi penulisan Best Practice,” pungkas Yudi. (Lis)

Komentar

News Feed