oleh

Disparta Kabupaten Malang Gelar Hatur Agung Murwakala Kidal

Berita MALANGKAB, Tumpang – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang gelar acara Hatur Agung Murwakala Candi Kidal, di Candi Kidal Tumpang, Senin pagi (22/3’21).

Kegiatan tradisi Hatur Agung Murwakala Kidal Ruwatan Agung Nusantara, Bur Manuk ini merupakan bagian agenda rutin dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, ungkap Anwar Supariyadi saat membacakan sambutan Kadis Pariwisata dan Kebudayaan.

Anwar Supariyadi selaku Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang menjelaskan, bahwa tradisi dan atau adat upacara hatur agung Murwakala yang dilaksanakan di Candi Kidal, merupakan mengembalikan manfaat bagi kemaslahatan masyarakat di sekitar candi dan membias pada masyarakat umum, khususnya di Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang, jelasnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Endri selaku Paranpara LDA Pakasa Keboarema, membacakan sambutan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Wandasari alias Koesmoertiyah (Gustti Moeng), mengapresiasi terhadap tradisi Hatur Agung Murwakala Kidal yang dilaksanakan di Candi Kidal ini. Dan kami merasa bangga, semoga bermanfaat serta membias kepada masyarakat untuk menjaga, melestarikan,serta mengembangkan budaya Nusantara, pesannya.

Sementara itu di waktu yang sama, dr. Dian Agung selaku Paranpara LDA Pakasa Keboarema, mengatakan “Acara seperti ini merupakan bentuk konsolidasi dari lintas sektor termasuk LDA sebagai keluarga baru dengan solidaritasnya meramaikan dan berpartisipasi dalam acara ini. Yang setidaknya menambah nilai tersendiri dalam saling mengapresiasi pelestarian budaya..
Semoga seterusnya dan semakin melaras hati dengan inovasi membangun dari PAKASA KEBO AREMA bagi semua umumnya dan pemakarsa, pemerhati, pelaku budaya khususnya “, kata Dian yang juga dikenal sebagai Dokter Sayur.

Giat tradisi Hatur Agung Murwakala, digelar pertunjukan wayang kulit dengan lakon ” Sekar Wijayakusuma “, yang dibawakan oleh dalang Ki Setyo Wahyudi. Tidak kalah menariknya Sanggar Tari Laras Aji mempertunjukan fragmen Tari Prawiroyudho.

Hadir pada acara ini adalah Jajaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Camat Tumpang Drs. Sumarlin, MSi., Danramil 0818/22 Arm Sunardi, Paranpara LDA Pakasa Keboarema Letjend (purn) Umar Abdul Azis, Ketua LDA Pakasa Keboarema Malang Raya bersama dengan punggawanya, Lembaga Komukasi Pemangku Adat Seluruh Indonesia (LKPASI) Widya Hastiningih. (John)

News Feed