oleh

Komitmen Bersama Implementasi Satu Data Indonesia (SDI)

Berita Kab.MALANG – Kegiatan Penandatanganan Komitmen Bersama Implementasi Satu Data Indonesia (SDI) Dalam Rangka Penyelenggaraan Sistem Statistik Nasional (SSN), dilaksanakan di Ruang Rapat Asisten Jl. Merdeka Timur, Rabu (3/2).

Hal ini untuk efisiensi kegiatan yang dilaksanakan pada masa pandemi ini yaitu dengan digunakan Webinar, adapun nara sumber Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kepala BPS Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Kominfo Jawa Timur, Kepala BPS dan Kominfo Kabupaten/Kota se Jawa Timur dan OPD se-Jawa Timur.

Komitmen implementasi Satu Data dari Kabupaten Malang, penandatanganan di lakukan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Aniswaty Aziz, SE, M,Si dan Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Malang Ir. Surya Astuti, MM.

Himbauan semangat, kerjasama, kolaborasi dan koordinasi yang baik antar Perangkat Daerah untuk mewujudkan Satu Data Indonesia sangat ditekankan dalam pertemuan ini. Pelaksanaan Satu Data Indonesia ini didasari oleh Perpres 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan di Provinsi Jawa Timur telah disahkan juga Peraturan Gubernur No. 81 Tahun 2020 terkait penyelenggaraan Satu Data di Provinsi Jawa Timur. Dengan adanya payung hukum ini, diharapkan penyelenggaraan Satu Data di lingkup Kabupaten/Kota dapat dilaksanakan dengan baik dan menghasilkan data yang berkualitas.

Untuk rencana yang akan di tindak lanjuti oleh Kabupaten Malang adalah penyusunan peraturan Bupati tentang Penyelenggaraan Satu Data Kabupaten Malang, penyusunan Kelembagaan Satu Data Kabupaten Malang (Forum Koordinasi Satu Data,Tim Kerja Satu Data Kabupaten Malang)  dan Menyusun Master Plan penyelenggaraan Satu Data Kabupaten Malang. (John)