oleh

Prestasi Yang Diraih POKMASWAS Binaan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Trenggalek

Berita Kab.Trenggalek – Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Trenggalek berperan penting dalam pembinaan terhadap Kelompok Masyarakat Pengawas diwilayah perikanan laut.

Adapun POKMASWAS tersebut merupakan inisiatif dari para Nelayan yang ada di daerah pantai yang ada di kabupaten Trenggalek. Saat ini banyak POKMASWAS yang berdiri di Wilayah Kabupaten Trenggalek dibawah naungan pembinaan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Trenggalek.

Kecamatan Munjungan pernah mendapat bantuan dari pemerintah daerah berupa pakan penyu dan papan untuk pagar pengaman konservasi penyu.

Masih banyak POKMASWAS yang ada di wilayah kabupaten Trenggalek yang saat ini dalam pembinaan Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Trenggalek.

Menurut Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Trenggalek Susi melalui Kasi Ermanto sejak Tahun 2001 banyak POKMASWAS yang dibina oleh Pemerintah melalui Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Trenggalek sehingga banyak prestasi yang diraih POKMASWAS. Baik yang Berprestasi tingkat Kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional.

 

Berikut beberapa POKMASWAS yang Berprestasi diantaranya Rembeng Raya yaitu POKMASWAS yang bergerak di bidang kelestarian kawasan pantai ( Penanaman vegetasi pantai, pengawasan dan transplantasi terumbu karang). POKMASWAS Rembeng Raya sudah menerima bantuan terumbu karang buatan, Fish Apartemen dan Rumah Apung.POKMASWAS ini merintis dan Mengelola Kawasan Wisata pantai Mutiara yang sekarang Ramai dikunjungi wisatawan sampai sekarang. Pada tahun 2019 POKMASWAS Rembeng Raya Memperoleh Penghargaan Dari Bupati Trenggalek Mochamad Aripin Tentang Pelestarian Lingkungan Dan di Tahun 2020 Merintis Budidaya Lobster.

Berikutnya POKMASWAS Kejung Samudera, Bergerak dalam pengawasan dan pelestarian Mangrove Pancer Cengkrong. Adapun prestasi yang pernah diraih yaitu menjadi juara1 tingkat Provinsi pada tahun 2012. POKMASWAS Kejung Samudera pernah mendapat bantuan dari pemerintah berupa prasarana pendukung seperti jembatan dan gapura yang dalam perkembangannya kawasan ini menjadi Kawasan Wisata sampai sekarang.

Yang berikutnya adalah POKMASWAS Pantai Taman Kili kili panggul, yang bergerak dalam bidang pelestarian penyu jenis penyu Lekang, Sisik, Blimbing dan Penyu hijau. Adapun prestasi yang pernah diraih adalah Juara 2 tingkat Provinsi.(dra)

News Feed