oleh

Kemendagri Gelar Rapat Pleno Hasil Seleksi Administrasi Pengadaan PNS Kemendagri Tahun 2021

Berita Kemendagri – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menggelar Rapat Pleno Hasil Seleksi Administrasi Pengadaan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kemendagri Tahun 2021 secara virtual di Gedung Sasana Bhakti Praja Kantor Kemendagri, Senin (2/8/2021). Rapat dipimpin langsung Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori, dan diikuti oleh berbagai pihak seperti Panitia Seleksi Pengadaan PNS Kemendagri Tahun 2021, Direktur Pengelohan Data dan Informasi Kepegawaian BKN, Kepala Pusat Pengembangan Sistem Seleksi ASN BKN, serta Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian PAN dan RB.

Hudori menjelaskan, kebutuhan pegawai negeri sipil (PNS) di Kemendagri sebanyak 197 orang. Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri PAN dan RB Nomor 881 Tahun 2021 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kemendagri Tahun Anggaran 2021. Jumlah tersebut dengan rincian, 170 untuk alokasi kebutuhan umum, 20 untuk alokasi putra/putri lulusan terbaik dengan berpredikat “dengan pujian”/cumlaude. Sedangkan sebanyak 4 orang diperuntukan bagi alokasi penyandang disabilitas, dan 3 orang lainnya untuk alokasi putra/putri Papua dan Papua Barat.

Berdasarkan hasil rekapitulasi pelamar seleksi pengadaan PNS Kemendagri Tahun 2021 pada Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Nasional (SSCASN) BKN, diperoleh beberapa data. Hal itu seperti jumlah pelamar yang mengisi formulir dokumen yang dipersyaratkan sejumlah 9.706 orang. Sementara untuk jumlah pelamar yang submit pendaftaran pada aplikasi SSCASN BKN sejumlah 8.755 orang.

“Pelamar yang memenuhi syarat sejumlah 6.272 orang, sedangkan pelamar yang tidak memenuhi syarat sejumlah 2.483 orang,” ujar Hudori.

Hudori mengatakan, terdapat 6 alokasi kebutuhan atau formasi yang tidak memiliki pelamar. Jumlah tersebut dengan rincian: Jabatan Asisten Ahli Dosen dengan unit penempatan IPDN Kampus Jatinangor sejumlah 3 kebutuhan lulusan terbaik; Jabatan Asisten Ahli Dosen dengan unit penempatan IPDN Kampus NTB sejumlah 1 kebutuhan umum; dan Jabatan Asisten Ahli Dosen dengan unit penempatan IPDN Kampus Sulawesi Selatan sejumlah 1 kebutuhan umum.

“Selanjutnya, hasil seleksi administrasi pengadaan PNS Kementerian Dalam Negeri Tahun 2021 akan diumumkan secara resmi melalui aplikasi SSCASN BKN dan media sosial Kemendagri sebagaimana jadwal yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Negara pada tanggal 2 Agustus 2021,” pungkas Hudori.

Puspen Kemendagri

News Feed