oleh

Persiapkan Anak Seko Masuk Perguruan Tinggi Negeri: Gereja Toraja Dan GMKI Makassar Buat Bimbel Gratis

Berita Jakarta,—Gereja toraja melalui komisi Pekabaran Injil dan Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Cabang Makassar kembali melakukan kerja sama dengan membuat bimbingan belajar (bimbel) persiapan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 yang di lakukan di Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

Kegiatan bimbel SBMPTN ini dilakukan guna memfasilitasi adik-adik yang ingin melanjutkan jenjang pendidikan ke perguruan tinggi Negeri namun memiliki berbagai kendala.

Salah satu daerah yang menjadi fokus bimbingan ini adalah para siswa yang berasal dari Kecamatan Sekolah kabupaten Luwu Utara. Seko sendiri adalah salah satu Kecamatan yang masih terisolir sampai saat ini. Mulai dari infrastruktur sampai pendidikannya pun masih tertinggal dari beberapa daerah di sekitarnya.

Hal ini lah yang menjadi dasar pemikiran Gereja Toraja dan GMKI cabang makassar bekerja sama untuk melakukan program bimbel.

Program ini telah ada sejak tahun 2020 lalu dan beberapa siswa telah lulus di beberapa Perguruan Tinggi Negeri, diantaranya Universitas Hasanuddin makassar, Universitas Tadulako Palu dan Universitas Haluoleo Kendari.

Tahun lalu peserta bimbel sebanyak 10 siswa yang kesemuanya berasal dari Seko. tahun ini peserta bimbel sebanyak 12 siswa dari Seko dan ada beberapa siswa akan ikut yang berasal dari sekitaran Toraja.

Pendeta Alfred Anggui mengatakan bahwa kegiatan ini sebenarnya merupakan tindak lanjut dari kegiatan Bible Camp Remaja di Seko 2 tahun lalu. Ia melihat, bahwa jumlah anak-anak yang tidak lanjut kuliah lumayan besar. Salah satu kendala ialah biaya pendidikan dan kurangnya akses serta informasi tentang peluang mendapat beasiswa yang sesungguhnya sudah cukup banyak disiapkan oleh pemerintah.

“Wilayah Seko yang relatif masih terisolir dan tidak mudah beroleh akses informasi jelas jadi penyebab. Itulah sebabnya program Bimbingan Belajar ini diupayakan”, tegas Pendeta Alfred.

Pendeta Alfred juga menjelaskan bahwa kegiatan ini akan di laksanakan kurang lebih sebulan penuh dengan cara intensif. Belajar dari pagi hingga malam hari guna memberikan stimulan pengetahuan yang lebih kepada para siswa. Para Siswa dibantu langsung oleh mentor yang berasal dari kawan-kawan GMKI cabang Makassar Komisariat FMIPA Unhas mulai dari persiapan Tes hingga tes nanti Di Makassar.

“Kita juga bersyukur ada kawan-kawan dari GMKI cabang makassar khususnya GMKI Komisariat FMIPA Unhas yang mau turut membantu kami mensukseskan program ini dan saya kira ini pasti sangat membantu adik-adik untuk belajar”, tambah pendeta Alfred.

Ketua GMKI cabang Makassar bung Rizal Dwi Saputra yang di temui mengatakan bahwa program bimbingan belajar ini adalah salah satu bentuk dari pengimplementasian Tri Panji GMKI yaitu Tinggi Iman, Tinggi Ilmu dan Tinggi Pengabdian. Tentunya GMKI cabang Makassar hadir untuk memberikan dirinya sebagai bentuk Pelayanannya di tiga medan layan GMKI yakni Perguruan Tinggi, Gereja dan terlebih Khusus kepada Masyarakat.

“Saya kira GMKI Makassar yang hari ini bekerja sama dengan Komisi PI Gereja Toraja telah melakukan sesuatu yang perlu menjadi contoh dan menjadi program yang bisa dilakukan setiap tahunnya. Saya berterima kasih kepada Gereja Toraja telah mempercayakan kepada GMKI cabang Makassar khususnya Komisariat FMIPA unhas untuk membantu adik-adik kita. Semoga Tahun ini banyak Siswa yang lulus di PTN impian mereka”, Tambah bung Rizal.(AF lase)

News Feed