oleh

Banjir Bandang Rendam 4 Kelurahan Di Kabupaten Dompu

-Berita NTB-560 views

BERITA DOMPU NTB – Hujan lebat yang mengguyur Kabupaten Dompu sejak Rabu (3/4/2019) siang menyababkan  air  sungai Silo di Kelurahan Bali 1, Kecamatan Dompu meluap ke pemukiman warga.

Adapun kelurahan yang menjadi sasaran luapan banjir yakni Kelurahan Bali 1, Karijawa, Bada, dan Simpasai. Banjir bandang tidak hanya merendam pemukiman warga tetapi juga merendam sejumlah ruas jalan dan fasilitas umum lainnya.

Banjir yang datang secara tiba-tiba sekitar pukul 16.00 Wita sore menyebabkan warga tidak dapat menyelamatkan barang mereka. Banjir yang mencapai lebih dari 1 meter itu membuat banyak warga menyelamatkan diri di loteng, lantai dua dan atap rumah.

Berdasarkan data awal yang dirilis Polsek Dompu, tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, tetapi diperkirakan lebih dari ratusan rumah terendam banjir dan ratusan Kepala Keluarga (KK) terpaksa mengungsi.

Dari data yang dirilis terdapat  50 KK di lingkungan Mantro, Kelurahan Bali yang rumahnya terendam banjir, 11 KK di lingkungan Ujung Pandang  dan 115 KK di Lingkungan Kampo Samporo Kelurahan Bali.



Sedangkan di Kelurahan Karijawa terdapat 20 KK di lingkungan Kampung Jogja dan 40 KK di Kampung Sigi yang rumahnya terendan banjir dan 150 KK di lingkungan Kota Baru, Kelurahan Bada juga ikut terendam banjir.

Selain itu, banjir juga menyebabkan kerugian hewan ternak, perabotan rumah tangga dan 3 unit rumah di Lingkungan Kota Baru dan Kampo Samporo dilaporkan hanyut terbawa arus banjir.

Tim gabungan yang terdiri dari  Polres Dompu, TNI, dan Tagana yang tiba di lokasi sekitar pukul 16.40 wita melakukan evakuasi warga yang terjebak banjir dalam rumahnya ke lokasi aman seperti rumah tetangga yang berlantai dua dan tempat yang lebih tinggi.

Dalam peristiwa ini tim gabungan juga berhasil mengevakuasi seorang ibu yang baru melahirkan bersama bayinya ke tempat yang lebih aman.

Pada pukul 16.57 wita, tim gabungan kembali melakukan monitoring di sekitaran bantaran Sungai Lingkungan Kampo Samporo untuk mamtau keadaan warga yang terjebak banjir dan sekitar Pukul 17.40 wita, air dari Sungai Lingkungan Kota Baru dan sekitarnya dilaporkan mulai surut tetapi air banjir masih merendam pemukiman warga. (Husna)

Banjir Bandang Rendam 4 Kelurahan Di Kabupaten Dompu

Komentar

News Feed