oleh

BPD Kecewa Karut Marut Data Warga Terdampak Covid-19 Penerima Bansos Di Desa Maria Wawo

-Berita NTB-129 views

Berita Kab.Bima (NTB) –” ,Pemerintah secara serentak menyalurkan bantuan untuk warga terdampak Covid-19, termasuk di Kabupaten Bima, pada seluruh Desa pada 18 kecamatan.

Pemberian bantuan dijadwalkan Mei 2020. Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah, bagaimana kesiapan Pemkab Bima NTB dalam proses pemberian bantuan agar merata, tepat sasaran, dan transparan? 

Ketua BPD Desa Maria Wawo Mahmudin S. Sos mengatakan, pemerintah desa perlu punya data yang akurat soal warga mana saja yang terdampak Covid-19. Banyak kepala keluarga yang kehilangan sumber pencahariannya karena pandemi ini.

Kondisi di lapangan banyak masyarakat yang terdampak malah tidak terima dan itu pastinya berpotensi besar menjadi gonjang-ganjing,” ujar nya 

Kepala Dinas sosial menyampaikan, ada tiga jenis bantuan yang akan digelontorkan pemerintah Kabupaten Bima (Pemkab) Bima untuk warga terdampak Covid-19. Di antaranya, Bantuan Langsung Tunai (BLT) dari dana desa, BLT dari dana kabupaten, dan Bantuan Sosial (Bansos) dari dana kabupaten juga.

Kepala Dinas Sosial Sirajuddin mengaku, pihaknya hanya menerima usulan data dari pemerintah desa untuk warga yang akan mendapat bantuan. Proses verifikasi dan validasi data, kata dia, kemudian diolah oleh tim atau pihaknya.

Mulai Mei 2020, sesuai surat dari Dirjen Penanganan Fakir Miskin Kemensos Nomor 769/6.3.1/BS02/04/2020 tanggal 22 April 2020, bahwa Bima dapat peralihan bank penyalur dari BNI ke BRI, sehingga penyaluran menunggu selesainya migrasi administrasi dari BNI ke BRI dan di salurkan pada pos yang terdekat.

Selain itu, juga ada bansos tunai. Untuk Desa Maria mendapatkan kuota sebanyak 286 yang diberikan dalam bentuk nominal Rp600 ribu dan akan disalurkan melalui Kantor Pos dilaksanakan selama 3 bulan dan pada bulan Mei yang terima hanya 228 orang tidak sesuai dengan data yang kami terima dari Dinas Sosial Kabupaten Bima NTB.

Ketua BPD desa maria kec wawo kab bima mahmudin S. Sos merasa kecewa terhadap pembagian bantuan sosial tunai (BST)  tahun 2020  yg  senilai 600.000 setiap bulan selama tiga bulan utk penanganan covid-19 yang bersumber dari pemerintah pusat lewat kementrian sosial RI,bertempat di kantor pos desa maria yg dimana data penerima manfaat bantuan sosial tunai (BST) tahun 2020 ,yg sebelumya data penerima yg di terima oleh desa maria berjumlah 285 orang akan tetapi setelah di lakukan  pembagian hal itu berbanding terbalik setelah berada di lapangan menjadi 228 orang..

Dan Harapan kami selaku BPD (lembaga legislator desa ) bersama pemerintah desa (PEMDES)agar pemerintah kabupaten bima khususnya dinas sosial agar secepatnya  mengambil sikap dan langkah cepat terkait problem yg di alami oleh beberapa warga masyarakat maria yg jumlahnya lebih dan kurang sekitar 48 orang.(Rahim)

 

 

Komentar

News Feed