oleh

Dinas Perindag Berikan Bantuan Mesin Peralatan Pada IKM

-Berita NTB-353 views

Berita Kab.Bima (NTB) –” Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bima yang di Wakili KABID Perindustrian Dinas Perindag Kabupaten Bima NTB (JURAIDIN.ST M Si) menyerahkan bantuan mesin peralatan kepada pelaku IKM di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Bima, Selasa (07/01-2020).

Kementerian Perindustrian, memberikan sejumlah bantuan alat produksi kepada pelaku usaha industri kecil dan menengah (IKM) di Kabupaten Bima Selasa (07/01-2020).

Menurut Kabid Perindustrian Dinas Perindag Kabupaten Bima Juraidin ST M Si Barang pemberian bantuan mesin peralatan ini,  untuk meningkatkan kapasitas produksi, juga kualitas IKM di Indonesia khususnya Wilayah Kabupaten Bima NTB

Sebab, lanjutnya salah satu kendala IKM di Indonesia, yaitu alat mesin produksi yang relatif tertinggal. Maka dari itu, pihaknya memberikan bantuan kepada pelaku IKM.

“Untuk mendapatkan bantuan mesin peralatan, ada persyaratan yaitu bentuknya harus kelompok usaha bersama (KUB), atau koperasi. Sebab harus ada legalitas usahanya agar dapat menerima bantuan,” jelasnya.

Dikatakan, dengan pemberian bantuan ini diharapkan akan meningkatkan daya saing industri kecil dan menengah. Selain itu juga diharapkan usaha yang dijalankan IKM akan semakin maju, serta merangsang tumbuhnya wirausaha baru (WUB).

Bupati Bima Hj Dhinda Dhamawati SE, yang hadir dalam penyerahan bantuan juga berharap kualitas produk IKM, akan terus meningkat setelah menerima bantuan tersebut.

Kabid Perindustrian Dinas Perindag Kabupaten Bima Juraidin ST M Si mengatakan, bantuan  yang diberikan terdiri atas sebelas jenis bantuan antara lain.

  1. Mesin Perbengkelan Roda Dua Berupa Kompresor, Kunci-Kunci dan Alat
    Tambal Ban Untuk 35 IKM
  2. Mesin Las dan Perlengkapanya berupa Trafo Las, Gerinda Tangan, Bor
    Tangan /Gerinda Potong dan Untuk 52 IKM Perbengkelan Las
  3. Mesin / Peralatan Meubel Berupa Mesin Serut Listrik, Bor Listrik, Mesin
    Gergaji Listrik/Kompresor Listrik untuk 48 IKM
  4. Peralatan Konveksi / Penjahitan berupa mesin jahit dan obras untuk 40 IKM
  5. Mesin Peralatan Pengolahan Pangan Berupa Mesin Giling Tepung dan Parut
    Kelapa untuk 40 IKM
  6. Mesin Peralatan Pembuatan Kue dan Makanan Berupa Kompor, Mixer,
    Wajan dan Oven untuk 56 IKM
  7. Peralatan Tenun dan Benang Untuk 53 IKM
  8. Peralatan Pangkas Rambut untuk 23 IKM
  9. Peralatan Batu Cobek 2 IKM
    10.Peralatan Batako 8 IKM
    1.Peralatan Pengolahan Kopi Untuk 3 IKM

Sementara itu, Kades Dumu Kecamatan Langgudu Tarmizi mengatakan, warga desanya terutama kelompok Duren Berkah sangat terbantu dengan adanya bantuan tersebut.

“Kelompok Duren Berkah mendapatkan bantuan peralatan Bengkel Mesin Kompresor imbuhnya  yang ikut mengantarkan warganya menerima bantuan tersebut ( Rahim )

Komentar

News Feed