oleh

Pelantikan 25 Anggota DPRD Kota Bima Periode 2019-2024.

-Berita NTB-305 views

BERITA KOTA BIMA (NTB)--– Sebanyak 25 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bima hasil Pemilu 2019 secara resmi dilantik, Selasa (24/9/2019). Mereka yang dilantik akan melaksanakan tugas selama masa periode  2019-2024.

Pelantikan yang berlangusng di gedung Convention Hall Paruga Nae Kota Bima dihadiri Walikota Bima H. Muhammad Lutfi SE, Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan, SH dan Ketua Pengadilan Raba Bima Harris Tewa SH MH.

Terlihat  hadir dalam acara Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri, Kapolres Bima Kota AKBP Erwin Ardiansyah SIK, Dandim 1608/Bima Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, jajaran KPU dan Bawaslu, Sekretaris Daerah Kota Bima Drs H Mukhtar MH beserta seluruh jajarannya.

Selain itu sebanyak 25 anggota dewan terpilih yang akan dilantik juga terlihat bersama keluarga dan kerabat, sejumlah ketua partai politik dan jajaran, beserta tamu undangan lain.

Rapat Paripurna dengan agenda Pengucapan Sumpah dan Janji Anggota DPRD Kota Bima masa Bhakti 2019-2024 dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Bima periode 2014-2019 Syamsurih SH, didampingi dua wakil pimpinan DPRD lainnya, yakni Sudirman Djunaiddin SH dan Alfian Indrawirawan S.Adm.

Ketua DPRD Syamsurih saat membuka rapat menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang berkesempatan hadir dan menyaksikan acara Pengucapan dan Pelantikan Anggota DPRD Kota Bima Bhakti 2019-2024.

Menurut dia, Pemilu 2019 merupakan salah satu pesta demokrasi yang memberikan kesempatan kepada seluruh rakyat Indonesia, untuk memilih wakilnya yang duduk di legislatif. Pada moment pemilu 2019, juga telah dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kota Bima, untuk mengantarkan wakil rakyat. 

“Dari penyelenggaraan pemilu ini, tentu tidak lepas dari peran penyelenggara Pemilu. Maka kami ucapkan terimakasih kepada KPU dan Bawasalu, yang telah bekerja dan mengawasi pemilu dengan baik. Demikian juga untuk masyarakat, ucapan yang sama kami sampaikan. Tingkat partisipasi masyarakat untuk memilih berjalan dengan baik,” jelasnya.

Syamsurih menjelaskan, dalam perjalanan anggota dewan Kota Bima periode 2014-2019, telah memberikan pengabdian terbaik, bekerja sungguh-sungguh, memberikan peran dan fungsi dengan cara profesional. Sementara di sisi lain, mampu bersinergi dengan pemerintah eksekutif. Kondisi pembangunan di Kota Bima pun menunjukkan progres yang menggembirakan.

“Berbagai kegiatan pembangunan telah berhasil dilaksanakan, baik fisik maupun non fisik. Infrastruktur yang tumbuh dan menjadi penunjang, baik pembangunan fisik seperti jalan dan jembatan, jalan lingkungan. Itu merupakan upaya untuk mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat,” katanya.

Demikian juga dengan sejumlah pembangunan pada sektor lain sambungnya, tentu saja mempengaruhi penataan kota. Keberhasilan yang dicapai ini, tentu saja merupakan hasil kerjasama yang baik antara legislatif dan eksekutif.

Pelaksanaan fungsi pengawasan DPRD Kota Bima juga jelas Syamsurih, dilandasi nawaitu yang ikhlas, demi terselenggaranya pelaksanaan program dalam rangka mewujudkan good government. Kritik kritik yang konstruktif juga selalu diterima dengan baik, sebagai penyeimbang terhadap semua kebijakan.

“Penyerapan aspirasi masyarakat pun telah mendapat respon yang positif oleh legislatif, dan telah dituangkan dalam program pemerintah. Demikian juga pembuatan dan pengesahan regulasi, sebagai pedoman pelaksanaan hidup masyarakat,” paparnya.

Usai menguraikan tentang kinerja selama ini, Syamsurih menyampaikan ucapan terimakasih kepada para wakil rakyat periode 2014-2019, terutama yang belum berkesempatan untuk terpilih kembali. Pengabdian selama ini tentu saja menjadi sangat penting untuk pelaksanaan pembangunan di daerah.

Proses rapat paripurna tersebut dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Gubernur NTB tentang pemberhentian Anggota DPRD Kota Bima periode 2014-2019 dan peresmian anggota DPRD Kota Bima periode 2019-2024 serta pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kota Bima masa Bhakti 2019-2024 yang dipimpin  Ketua Pengadilan Bima.

Berikut nama-nama DPRD Kota Bima yang dilantik berdasarkan Daerah Pemilihan (Dapil) dan perolehan suara serta partai pengusung pada pemilihan umum tahun 2019 sesuai dengan hasil penetapan KPU Kota Bima beberapa waktu yang lalu.

Dapil I

Syamsurih, SE (PAN, 1.731 suara), Syahbudin (Partai Gerindra, 1.292 suara), Edy Ihwansyah, SE (PPP, 1.217 suara), H. Ridwan Mustakim (Partai Demokrat, 955 suara), Muhammad Amin (Partai Gollkar, 939 suara), M. Irfan, M,Si (PKB, 9211 suara), Abdul Haris (PBB, 699 suara), Asnah Madilau, SH (PKS 688 suara), M. Erwin (Partai Nasdem, 669 suara), Dedi Irwan (Partai Hanura, 658 suara).

Dapil II

Alfian Indrawirawan, S.Adm (Partai Golkar 2.510 suara), Yogi Prima Ramadhan (PAN 1.732 suara), M. Ryan Kusuma (Partai Demokrat, 1.475 suara), Sudirman DJ, SH (Partai Gerindra, 1.288 suara), Ipa Suka (Partai Perindo, 1.278 suara), Drs. H. Mustamin (PBB,1.260 suara), Amirudin (Partai Hanura, 1.099 suara), Rahmat Saputra (Partai Nasdem 1.099 suara), Taufik SH (PPP, 744 suara), Amir Syarifudin (PKS, 686 suara).

Dapil III

Khalid Bin Walid (Partai Gerindra 1.860 suara), Syukri, S.Sos (Partai Demokrat 1.656 suara), Gina Andriani (Partai Golkar 1.428 suara), Syamsudin (PAN 940 suara), Hj. Anggriani (PBB 870 suara).

Acara pelantikan anggota DPRD Kota Bima 2019-2024 berlangsung khidmat dan disambut suka cita oleh seluruh masyarakat Kota Bima. Acara ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat kepada anggota DPRD Kota Bima yang baru dilantik.(Rahim)

Komentar

News Feed