oleh

Assisten I Pimpin Koordinasi Jaminan Kesehatan Petugas Pemilu OKU Selatan

Baraknews OKUS, Muaradua – Assisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat OKU Selatan Joni Rafles, AP., M.Si., memimpin Rapat Koordinasi dan Pendataan untuk Petugas Pemilihan Umum Kabupaten OKU Selatan Tahun 2024, pada hari Rabu (10/1/2024).

Dalam rapat tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten OKU Selatan, Darmawan, S.E., M.Si., menyampaikan, permohonan permintaan data tentang para petugas pemilihan umum yang akan bertugas pada Pemilu Kabupaten OKU Selatan di tahun 2024, dengan tujuan untuk menyiapkan jaminan kesehatan bagi seluruh anggota Panitia Pemilihan Umum.

“Penyediaan fasilitas BPJS Ketenagakerjaan ini adalah upaya pemerintah untuk memberikan jaminan sosial bagi para penyelenggara pemilu, karena negara tidak menyediakan asuransi khusus untuk mereka,” sampainya.

Assisten I dalam arahannya mengatakan bahwa, laporan hasil pembahasan mengenai penyampaian data penyelenggaraan pemilu, yang diketahui lewat keputusan gubernur atau edaran, terkait dengan pembagian penataan penganggaran bagi penyelenggaraan pemilu, menetapkan bahwa salah satu jaminan yang harus diberikan adalah jaminan santunan bagi penyelenggaraan pemilu guna mengantisipasi kemungkinan yang tidak diinginkan selama bertugas.

“Jika kita merujuk ke dalam peraturan, maka kita bisa menyimpulkan bahwa jaminan ketenagakerjaan baik di Desa atau di Kecamatan harus terdata dengan baik, terutama terkait perlindungan yang diberikan kepada jajaran KPU dan Bawaslu. Tentu saja, Pemerintah Daerah telah menyiapkan dana terkait perlindungan jaminan santunan dalam memberikan perlindungan kepada mereka yang bertugas dalam penyelenggaraan pemilu,” jelasnya.

Asisten Joni menekankan bahwa Rapat Koordinasi tersebut dilakukan untuk menyesuaikan data dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) dan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) agar tidak ada kesalahan dalam pendataan, tepat waktu, dan menyeluruh terkait perlindungan BPJS Ketenagakerjaan bagi para penyelenggara pemilu pada tahun 2024.

Rapat tersebut diadakan di Ruang Abdi Praja dan dihadiri oleh Kaban Kesbangpol, Kadin Nakertrans, Kepala BPJS Ketenagakerjaan OKU Raya, Ketua KPU, Ketua Bawaslu.

Reporter: (Hendri) 4/5 (1)

Nilai Kualitas Konten