oleh

Dinas PMD Kabupaten OKU Selatan, Gelar Sosialisasi BUMDES 2023

Baraknews OKUS, Muaradua – Dalam upaya untuk mempromosikan ekonomi lokal dan memberdayakan warga desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, telah mengadakan acara Sosialisasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) tahun 2023, pada Rabu tanggal 6/12/2023).

Acara tersebut dihadiri, oleh berbagai peserta dari sejumlah desa di Kabupaten OKU Selatan, dan dihadiri juga oleh para undangan lainnya termasuk para Camat dan Kepala Desa.

Kepala Dinas PMD OKU Selatan, A. Romzi, S.E., M.M., mengungkapkan, bahwa acara sosialisasi BUMDES sebagai langkah pembinaan untuk mendukung UPK Eks PNPM-MPd yang belum bertransformasi menjadi Bumdes LKD di wilayah Kabupaten OKU Selatan hingga tahun 2023.

“Langkah ini diambil berdasarkan Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI nomor 15 tahun 2021 yang mengatur tata cara pengelolaan kegiatan dana bergulir masyarakat Eks PNPM Mandiri Perdesaan menjadi BUM Desa bersama,” ungkapnya.

Dari hasil rekapitulasi hingga September 2023, terlihat bahwa dari 10 UPK yang ada di Kabupaten OKU Selatan, 7 diantaranya belum melakukan transformasi menjadi BUMDES LKD.

Hal ini, memperlihatkan pentingnya sosialisasi BUMDES agar masyarakat di daerah tersebut bisa memanfaatkan program tersebut dengan baik.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas PMD OKU Selatan menekankan pentingnya dilakukan transformasi dengan segera agar UPK EKS PNPM-MPD, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa melalui kegiatan simpan pinjam, penyewaan tenda/kursi, dan kegiatan yang mendukung usaha perekonomian lainnya.

“Dengan melakukan transformasi, UPK eks PNPM-MPD akan memperoleh banyak keuntungan dalam mengelola dan memanfaatkan dana desa lebih efektif,” jelasnya.

Tujuan dari acara tersebut, adalah untuk mendorong UPK Eks PNPM-MPd yang belum bertransformasi agar segera melakukan transformasi menjadi BUMDES LKD, sehingga bisa lebih berpartisipasi secara optimal dalam meningkatkan perekonomian masyarakat desa.

Peserta akan diberikan pemahaman mengenai langkah-langkah untuk membentuk BUMDES, mulai dari persiapan anggaran hingga penentuan pengelolaannya.

Ketua panitia pelaksana, Desty Octamerinda, S.S., M.M., melaporkan, bahwa acara sosialisasi BUMDES ini, berhasil mencapai tujuannya dalam meningkatkan dan memberdayakan perekonomian masyarakat desa di Kabupaten OKU Selatan.

“Acara tersebut juga, membahas pentingnya mengoptimalkan peran BUMDES LKD dalam membangun ekonomi desa dan memberdayakan warga desa,” menurutnya.

Ada narasumber terampil yang diundang pada acara sosialisasi BUMDES ini, yaitu Peri Antoni, Tenaga Ahli Pendamping Desa Kabupaten OKU Selatan, yang membahas masalah praktis dalam pembentukan dan pengelolaan BUMDES.

Para undangan yang hadir juga berpartisipasi aktif dalam diskusi, dan mengajukan pertanyaan terkait BUMDES dan cara mengoptimalkan pengelolaannya.

Kabupaten OKU Selatan, telah melakukan langkah terobosan dan inovatif dengan mengadakan acara sosialisasi BUMDES secara khusus, yang mempermudah masyarakat untuk terlibat dalam membangun ekonomi lokal.

Diharapkan, kegiatan ini dapat menjadi acuan bagi daerah lain untuk memanfaatkan program BUMDES, sebagai upaya memberdayakan masyarakat pedesaan di Indonesia.

Reporter : (Hendri) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten