oleh

HPN di OKU Selatan, Rayakan Dengan Pemotongan Tumpeng dan Bhakti Sosial

Barkanews OKUS, Muaradua – Hari Pers Nasional 2024 menjadi perayaan yang sangat penting bagi seluruh insan pers di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan), Sumatera Selatan. Acara yang diperingati pada Jum’at 9 Februari 2024.

Kegiatan ini melibatkan kerjasama antara Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) OKU Selatan, dan Insan Pers di kabupaten OKU Selatan, untuk merayakan momen yang bersejarah di dunia jurnalistik.

Perayaan yang diselenggarakan di Bukit Indah, Desa Pelangki, memberikan nuansa khas pada semarak perayaan Hari Pers Nasional yang dihadiri oleh orang-orang penting di OKU Selatan.

Beberapa pejabat terkemuka dari daerah juga turut hadir, seperti Asisten III Bupati OKU Selatan, Kapolres OKU Selatan, dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, berbicara tentang pentingnya peran media dalam memberikan informasi kepada masyarakat, menjaga kebebasan pers, dan menulis berita yang akurat dan berimbang.

Tidak hanya itu, Ketua SMSI OKU Selatan, yang diwakili oleh sekretarisnya, Suardi Idris, menjabarkan bahwa perayaan HPN tahun ini agak berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

“Puncak perayaan HPN jatuh pada tanggal 9 Februari, namun pada tahun ini harus diundur hingga tanggal 20 Februari karena tahapan Pemilihan Umum yang berlangsung di Indonesia,” katanya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Asisten III Bupati OKU Selatan mengingatkan akan pentingnya peran media dalam memberikan informasi kepada masyarakat.

“Ia juga menarik perhatian tentang pentingnya kebebasan pers yang harus terjaga, agar setiap orang tetap dapat memeroleh informasi yang benar dan akurat,” paparnya.

Meskipun menghadapi sejumlah tantangan, para peserta HPN OKU Selatan berhasil menunjukkan spirit yang tinggi dan semangat yang membara.

Mereka berkumpul untuk mengenang sejarah di balik hari penting ini, dan merayakan kerja mereka dalam memperjuangkan hak asasi manusia dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Adapun Kapolres OKU Selatan, AKBP Listiyono Dwi Nugroho, dalam sambutannya mengungkapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan HPN yang berbarengan dengan kegiatan Jum’at curhat Polres OKU Selatan yang dilanjut dengan penanaman pohon buah dan kayu.

“Alhamdulillah, kegiatan memperingati HPN Tahun 2023 ini berlangsung dengan lancar. Tuan rumah dan SMSI OKU Selatan secara khusus menyelenggarakan kegiatan ini bahkan menyediakan menu spesial untuk kami sebagai wujud keakraban dan silaturahmi,” jelas Kapolres.

Perayaan HPN di OKU Selatan diawali dengan acara pemotongan tumpeng yang diadakan di Bukit Indah, yang dipenuhi oleh insan pers dan anggota SMSI dan PWI OKU Selatan, beserta Insan Pers di kabupaten OKU Selatan.

Para peserta merayakannya dengan penuh semangat dan antusiasme, untuk menampilkan keseruan dalam perayaan yang terasa sangat istimewa.

Selain itu, acara juga dilakukan gerakan penanaman pohon di lokasi acara, sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran lingkungan di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

Selama peringatan, beberapa peserta HPN turut terlibat dalam pembagian bantuan sosial kepada warga kurang mampu di sekitar lokasi acara, sebagai bentuk kepedulian sosial dan juga bentuk tanggung jawab profesi sebagai jurnalis.

Selama acara bertutur kata, beberapa pejabat terkemuka dan juga anggota jurnalis mengungkapkan harapan mereka agar para praktisi media, dapat menggunakan perayaan HPN untuk memperluas wawasan dan meningkatkan profesionalisme mereka.

Hal ini disampaikan oleh Ketua SMSI OKU Selatan Suardi Idri agar para jurnalis dapat selalu menegakkan etika profesi, baik dalam merangkai berita, mengembangkan inovasi dengan teknologi informasi, maupun dalam penulisan berita.

Perayaan Hari Pers Nasional tahun ini menjadi peristiwa yang sangat penting dalam sejarah Indonesia.

Lanjutnya, diharapkan menjadi pemicu bagi para praktisi media untuk selalu meningkatkan kualitas, memperluas wawasan, berinovasi, dan mematuhi etika dan kebebasan pers demi memberikan informasi yang berkualitas bagi masyarakat.

Semoga momentum ini, dapat menjadi awal bagi kejayaan dunia jurnalistik Indonesia.

Di akhir kegiatan dilakukan pembagian Bansos untuk warga kurang mampu di sekitar lokasi dan juga penanaman pohon di tanah milik bapak Riswan.

Reporter: (Hendri) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten