oleh

Yayasan Jantung Indonesia OKU Selatan Gelar Lomba Senam Jantung Sehat dan HIP HEART

Baraknews OKUS, Muaradua – Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten OKU Selatan menggelar Lomba Senam Jantung Sehat tingkat Kecamatan dan Senam HIP HEART bagi Anak Sekolah Menengah Atas (SMA/Sederajat).

Kegiatan ini bertempat, di Aula Guest House Kabupaten OKU Selatan dan dihadiri, oleh Penasihat YJI Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo, S.H., dan Ketua Yayasan Jantung Indonesia (YJI) Cabang Kabupaten OKU Selatan Rositadevi Sholehien, pada hari Selasa (28/11/2023).

Lomba senam ini menjadi bukti bahwa gerakan Jantung Sehat Indonesia yang digaungkan YJI telah merambat pada masyarakat dan dijalankan dengan sukses.

Kegiatan ini diselenggarakan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai kepentingan pola hidup sehat melalui olahraga.

Dalam laporan Ketua YJI OKU Selatan, Rositadevi Sholehien sampaikan, tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Kabupaten OKU Selatan, tentang pentingnya berprilaku hidup sehat melalui pola hidup sehat salahsatunya dengan berolahraga.

Adapun jumlah peserta pada kegiatan ini, senam jantung sehat terdiri dari 23 grup yang berasal dari 19 Kecamatan Se-Kabupaten OKU Selatan. “Sedangkan untuk senam Hip Heart tingkat SMA berjumlah 6 Grup jadi total peserta 29 grup, dalam satu grup berjumlah 3 orang Peserta,” sampainya.

Ada beberapa kategori yang dipertandingkan pada lomba senam jantung sehat ini. Salah satunya adalah kategori senior atau pra-lansia yaitu, peserta yang berusia antara 45-58 tahun dan kategori Lansia atau peserta yang berusia 60 tahun ke atas.

Isyana Lonitasari Popo, mengungkapkan, bahwa usia bukanlah suatu alasan untuk tidak berolahraga. Usia seharusnya menjadi motivasi untuk bisa tetap sehat dan bugar.

“Lomba senam ini menjadi sarana untuk merayakan semangat hidup yang sehat dan anggota YJI yang berusia 60 tahun masih tetap bersemangat untuk mengikuti lomba senam dengan kategori pra-lansia,” ungkapnya.

Bupati OKU Selatan diwakili oleh Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM OKU Selatan, Ahmad S., P.D.I., Ketua TP PKK Kabupaten OKU Selatan, Isyana Lonitasari Popo, Ketua Yayasan Jantung Indonesia Cab. OKU Selatan, Rosita Devi Sholehien, Para Kepala OPD Kabupaten OKU Selatan, Para Camat se-Kabupaten OKU Selatan, Direktur RSUD Muaradua/mewakili, Direktur Bank Sumsel Babel/mewakili, BPJS Kesehatan Kabupaten OKU Selatan/mewakili, peserta lomba, dan tamu undangan lainnya turut hadir dalam kegiatan lomba senam tersebut.

Lomba senam dinilai oleh tim juri bersertifikat dari Yayasan Jantung Indonesia Cabang Sumatera Selatan.

Juri tersebut memberikan penilaian berdasarkan teknik senam, koordinasi gerakan, dan kekompakan grup serta kreativitas dalam mengkombinasikan gerakan. Selain itu penilaian juga berdasarkan kebersihan lingkungan setelah lomba senam usai.

Program Germas ini, memiliki 7 langkah gerakan masyarakat hidup sehat dalam menjalankan pola hidup sehat yaitu, melakukan aktivitas fisik, budaya konsumsi buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol, dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala dengan menjaga kebersihan lingkungan.

Keberhasilan kegiatan ini menjadi bukti bahwa masyarakat OKU Selatan komitmen untuk memperbaiki kualitas hidupnya dengan membudayakan hidup sehat.

Lomba senam Jantung Sehat dan gerakan Germas menjadi motivasi bagi masyarakat untuk menjalani pola hidup sehat dan aktif bergerak melalui olahraga, yang membuat mereka hidup dalam keseimbangan dan produktivitas.

Reporter : (Hendri) No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten