oleh

Polda Banten Gelar Vaksinasi di Pos Pelayanan Mercusuar Anyer Bagi Pengunjung Wisata

Berita Polda Banten – Polda Banten menggelar vaksinasi Covid-19 secara acak/random kepada pengguna jalan yang akan berkunjung ke tempat wisata. Vaksinasi Covid-19 secara random digelar di Pos Pelayanan Operasi Lilin Maung 2021 di Mercusuar Anyer pada Minggu (26/12).

Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudy Heriyanto mengatakan tujuan kegiatan Vaksinasi Covid-19 kepada pengguna jalan di jalur wisata dalam rangka pengendalian mobilitas arus mudik libur Natal dan Tahun Baru dengan melakukan pemeriksaan dan pengecekan secara random kartu vaksin bagi sertiap pengendara yang melintas dijalur wisata Anyer – Carita yang dilaksanakan oleh Satgas Kamseltibcar Lantas.

AKP Ali Rahman selaku Kaposko Mercusuar mengatakan bahwa pengguna jalan secara random yang sedang melintas dijalur wisata Anyer dihentikan lalu diperiksa apakah sudah divaksin Covid-19 atau belum. Bagi pengguna jalan yang belum divaksin kemudian diarahkan untuk mendapatkan vaksinasi oleh tenaga kesehatan.

“Kegiatan ini adalah rangkaian Operasi Lilin Maung 2021 selain mengamankan jalannya ibadah Natal dan libur tahun baru, juga dilakukan upaya pencegahan penyebaran Covid-19, hari ini kita lakukan pemeriksaan secara random kepada pengguna jalan dan wisatawan yang sedang melintas, diberhentikan lalu kita periksa apakah sudah di vaksin covid-19 atau belum, jika belum kita tawarkan untuk divaksinasi,” kata Ali.

Ali menyampaikan bahwa kegiatan ini bekerja sama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) untuk melakukan vaksinasi jenis Sinovac baik vaksin pertama maupun kedua bagi masyarakat yang belum di vaksin Covid – 19.

“Jadi kita siapkan Tim Vaksinator untuk memberikan pelayanan tehadap pelaku perjalanan yang mungkin belum sempat divaksin Covid-19. Selain itu kami juga menyiapkan swab antigen bagi mereka yang ingin mengetahui kondisi kesehatan, apakah dalam keadaan sehat dan bebas dari Covid-19 atau tidak,”Ujar Ali.

Kegiatan vaksinasi Covid-19 secara random dilakukan tetap mempedomani Protokol Kesehatan (Prokes) dan bagi masyarakat pengguna jalan di jalur wisata Anyer – Carita yang belum divaksin dan bersedia untuk divaksin, tetap dilakukan pemeriksaan kesehatan apakah layak untuk disuntik vaksin atau tidak. (Bidhumas)

News Feed