oleh

Berikan Solusi Cepat untuk Keluhan, BPJS Satu Rutin Lakukan Safari ke Faskes

Baraknews banjar – Sebagai upaya untuk mempermudah peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam mendapatkan layanan kesehatan di rumah sakit, BPJS Kesehatan telah menghadirkan inovasi pelayanan yang dinamakan BPJS Satu (BPJS Siap Membantu). BPJS Satu adalah petugas yang sigap dalam memberikan informasi dan menangani keluhan peserta di fasilitas kesehatan.

Dalam gerakan BPJS Satu ini, petugas yang terkenal dengan rompi berwarna hijau berperan aktif dalam memberikan informasi terkait Program JKN kepada peserta, mengedukasi peserta mengenai alur pelayanan, membantu menangani pengaduan peserta, serta memastikan bahwa setiap peserta JKN mendapatkan pelayanan yang baik dan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Salah satu hal yang menarik dari gerakan BPJS Satu adalah keaktifan petugas ini dalam mendekati peserta JKN. Mereka tidak hanya memberikan informasi di kantor, tetapi juga bergerak menyambangi fasilitas Kesehatan tingkat pertama ataupun lanjutan, mengunjungi setiap kamar rawat inap dan ruang tunggu rawat jalan. Petugas BPJS Satu tidak menunggu untuk dihampiri oleh peserta, melainkan mereka inisiatif untuk mendekati peserta terlebih dahulu, menanyakan apakah peserta memerlukan informasi atau mengalami kesulitan terkait BPJS Kesehatan.
Salah satu peserta Program JKN, Mimin, yang menjadi pasien rawat jalan di RSUD Kota Banjar, mengungkapkan kebahagiaannya terkait kunjungan rutin petugas BPJS Satu. Ia bisa menjadi lebih terbuka dalam bertanya mengenai informasi dan menyampaikan pengaduan terkait BPJS Kesehatan.
“Tadi terbantu sekali dengan petugas BPJS Satu yang ramah, bahkan bukannya saya yang menghampiri, mereka berinisiatif menghampiri saya lebih dulu, menanyakan apakah ada keluhan atau tidak soal penggunaan BPJS Kesehatan,” terang Mimin, Kamis (12/10).

Lebih lanjut, Mimin menceritakan, sepanjang menunggu giliran pemeriksaan, ia melihat kesigapan BPJS Satu saat melayani peserta JKN.
“Tadi saya lihat BPJS Satu menghampiri pasien-pasien di sini untuk memastikan kami semua menerima pelayanan yang tepat. Tadi bahkan saya sempat lihat ada peserta JKN yang menyampaikan keluhan, dan langsung ditangani oleh BPJS Satu,” ujar Mimin.

Tak hanya di ruang tunggu, petugas BPJS Satu juga selalu melakukan kunjungan rutin ke setiap kamar rawat inap yang ada rumah sakit. Ini memungkinkan peserta JKN untuk lebih mudah menyampaikan pendapat dan keluhan mereka terkait pelayanan di fasilitas kesehatan. Dengan cara ini, BPJS Kesehatan dan rumah sakit dapat lebih mudah mengevaluasi dan meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada pasien/peserta JKN, sebagai bentuk komitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta.

Mimin mengapresiasi kehadiran BPJS Satu yang melakukan kontrol sekaligus berinteraksi langsung dengan peserta JKN, sehingga berbagai kesulitan yang ada di lapangan yang melibatkan pasien bisa diselesaikan dengan cepat.

“Bagus sekali BPJS Satu, kami para pasien atau peserta jadi tidak perlu repot-repot ke kantor BPJS Kesehatan kalau ada kendala, keluhan, atau membutuhkan informasi yang tak kami ketahui,” tutup Mimin.

Ditemui secara terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjar, Agus Supratman, menjelaskan bahwa BPJS Satu merupakan langkah inovatif untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada peserta JKN. Dengan hadirnya BPJS Satu, peserta tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Kesehatan ketika mengalami kendala di fasilitas kesehatan. Mereka dapat langsung menghubungi petugas BPJS Satu yang akan membantu mereka menyelesaikan masalah atau memberikan informasi yang diperlukan.

“BPJS Satu akan memberikan kemudahan kepada peserta yang menghadapi kesulitan atau keluhan saat berada di fasilitas kesehatan. Kami akan dengan cepat menangani keluhan yang dapat segera diselesaikan,” ujar Agus No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten