oleh

Pemkab Pandeglang, FKDC Dan Kelompok Tani Teken Perjanjian Pembayaran Jasa Lingkungan DAS Cidanau

Berita Kab. Pandeglang – Forum Komunikasi DAS Cidanau (FKDC) bersama Pemerintah daerah dan kelompok tani, melakukan penandatanganan naskah perjanjian pembayaran jasa lingkungan DAS Cidanau bertempat di Ruang Pintar, Kamis (25/2/2021).

Dalam kesempatan penandatanganan naskah perjanjian tersebut, Ketua Forum Komunikasi DAS Cidahu Wawan Gunawan mengatakan. Penandatanganan perjanjian pembayaran jasa lingkungan dilakukan, sebagai upaya pengelolaan DAS secara terintegrasi yang mengacu pada konsep satu pintu, satu perencanaan dan satu manajemen pengelolaan, “kata Wawan.

Lebih lanjut Ia mengatakan, FKDC merupakan forum yang dibentuk untuk membangun manajemen kolaborasi diantara pemangku kepentingan, yang terdiri dari Pemerintah, dunia usaha dan lembaga swadaya masyarakat dalam pengelolaan DAS, “ucapnya.

Ia menambahkan, salah satu strategi yang dikembangkan oleh FKDC untuk membangun keseimbangan ekologi, sosial, dan ekonomi di DAS Cidanau adalah. Dengan membangun dan mengembangkan konsep pembayaran jasa lingkungan, dengan konsep seperti itu tentu saja ada nilai ekonomi dari hilir ke hulu atas pemanfaatan sumber daya alam, untuk mempertahankan lingkungan.

“Adapun kelompok tani hutan di Kabupaten Pandeglang yang mendapatkan pembayaran jasa lingkungan adalah, KTH Alam lestari dan KTH Sinar Harapan II dari Desa Cikumbueun Kecamatan Mandalawangi senilai Rp 37.500.000 per tahun. Serta Kelompok alam sejahtera Desa Ramea Kecamatan Mandalawangi sebesar Rp 33.500.000 per tahun, “terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pandeglang Tati Suwagiharti mengatakan. Penandatanganan naskah perjanjian pembayaran jasa lingkungan tentu saja sangat menguntungan bagi Pemerintah daerah, dan para kelompok tani untuk pelestarian lingkungan Cidanau dan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan para kelompok tani di Kabupaten Pandeglang, kata Tati. RIZ

News Feed