Asistensi Program Polisi RW dan Pelatihan Aplikasi Ada Polisi Di Wilayah Cirebon Dari Baharkam Korbinmas Polri

Jabar–Personel Polres Cirebon Kota Polda Jabar mengikuti kegiatan Assistensi Program Polisi RW dan pelatihan aplikasi “Ada Polisi” di salah satu Hotel di Jl. Siliwangi pada Sabtu (30/12/23).

Kegiatan yang diikuti sekitar 250 orang tersebut diikuti juga oleh personel dari Polresta Cirebon, Indramayu, Kuningan dan Majalengka.

Kabag Opsnalev Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol Bharata Indrayana, S.IK dalam pemaparannya menyampaikan, pengenalan Aplikasi Ada Polisi untuk pelaporan Polisi RW.

Aplikasi Ada Polisi merupakan aplikasi yang dikelola oleh Baharkam Polri, dengan fungsi untuk memonitor dan mengevaluasi kinerja Polisi RW.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol. ibrahim Tompo mengatakan bahwa pembuatan aplikasi tersebut untuk mendukung program Polisi RW dengan kewajiban melakukan interaksi satu kali per minggu, baik melakukan scanning dan assessment, atau menginisiasi problem solving.

Fungsi ada polisi yakni untuk memantau persentase konsistensi polisi RW bertugas 1 minggu 1 kali.
Melihat total laporan dalam kurun waktu tertentu dan melihat urutan Polres dan Polsek yang paling banyak atau sedikit melakukan laporan.

“Ini juga melihat top isu kamtibmas untuk daerah dan kurun waktu tertentu sesuai laporan polisi RW. Melihat mapping waktu laporan dibuat dan melihat arahan terkini melalui Info Posko,” terangnya.

Adapun fungsi lainnya yakni untuk melihat detail tempat penugasan seperti nomor RW, nama, no.HP, alamat ketua RW, Isu Kamtibmas terkini di wilayah tersebut sesuai laporan terakhir.

“Membuat laporan yang bersifat interaksi atau problem solving serta mengupdate penyelesaian masalah sesuai laporan,” jelasnya.

Sedangkan cara mengakses untuk Posko melalui adapolisi.id. Dan untuk Polisi RW, via aplikasi bit.ly/adapolisi-apps.

Usai kegiatan kemudian dilanjutkan materi pelatihan Admin Posko Mabes/Polda/Polres/Polsek dan materi polisi RW, selama kegiatan berlangsung situasi aman kondusif.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kasubdit Binpolmas Dit Binmas Kombes Pol Oki Waskito, SH, S. Ik , M. Si., Kasubdit Binkomsatpam/Polsus Dit Binpotmas Kombes Pol Wawan Kurniawan, SH, S. Ik, M.Si. Kasubdit Binditbintibsos Dit Binmas Kombes Pol Hari Purnomo, S.Ik, M.H.

Hadir pula, Plt. Kabagrenmin Korbinmas Baharkam Polri Kombes Pol. Trihadi Kuncahyo, A. Md, S.E. Kasubbag Anev Bagopsnalev AKBP France Yohanes Siregar, S. Ik. Kasubbag Opsnallat Bagopsnalev AKBP Linda Novenita, SH. Para Pama, dan Bamin Korbinmas Baharkam Polri. Kasubdit Binpolmas Dit Binmas Polda Jabar Akbp Lilies Mulyani, S.H. Wakapolres Cirebon Kota Kompol Rizky Adi Saputro, SH., S.IK dan KBO Binmas IPTU Sunardi, SH.

Bandung 31 Desember 2023

Dikeluarkan oleh Bid Humas Polda Jabar No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten