oleh

Festival Pesona Tambora 2016 Berbagai Macam Pertunjukan Kesenian Daerah Dompu Akan Di Pertontonkan

KABUPATEN DOMPU – Memeriahkan Festival Tambora pada tgl 14 s/d 16 april 2016. Berbagai macam kesenian tradisional Dompu-Bima akan di pertunjukan pada puncak acara yang akan di laksanakan di Doro ncanga lokasi utama festival pesona tambora tahun ini.

Di antara kesenian tradisional yaitu.Tari penyambutan,Tari nggahi Dana,Tari tambora ma bou mantika,Rawa.mbojo, pawai Rimpu dan jg puru timbu ( nasi limung masakan khas Dompu Bima.Sekaligu pacuan 5 Embar kuda yg di hadirkan di hadirka di 2 kabupaten. Dan di meriahkan oleh artis ibu kota,artis lokal dan juga kolaborasi musik tradisional dan modern.

dispar dompu

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Kab.Dompu Hj.Sri Suzana M.si yang akrab di sapa umi Nana di temui wartawan Barak News.Com Senin (04/04/2016) menjelaskan,dari berbagai kesenian tradisional yg di pertunjukan pada ifen festival pesona tambora akan melibatkan kurang lebih 50 orang penari. Untuk tarian tambora mantika mabou dan untuk kesenian pawai rimpu tembe ( mengenakana sarung seperti ninja ) serta di meriahkan 1000 Penari”jelas Umi.

Menurut Umi Nana,”Berbagai tarian tradisional akan dipertunjukan pada puncak acara yang di hadiri oleh Bapak Presiden RI Joko Widodo. Atraksi budaya kesenian daerah yang akan di laksanakan telah di persiapkan oleh panitia penyelenggara pesona festifal tambora.Untuk memperkenalkan kebudayaan Dompu baik di tingkat nasional maupun internasional.

Adapun pihak yang terlibat di acara tahun ini seluruh, SKPD, Sekolah,camat,Desa,organisasi,lsm,media cetak, online dan layar kaca.Acara puru timbu (nasi   limung).Akan di laksanakan di Base Camp Kompas Gramedia. Sesuai dengan instruksi bupati Dompu H.Bambang M.yasin. Dan semua SKPD, sekolah dan semua yang terlibat di targetkan oleh bapak Bupati masing masing 50 batang”tuturnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Kab.Dompu Hj.Sri Suzana M.si
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Kab.Dompu Hj.Sri Suzana M.SI

Lebih lanjut Hj.Sri Susana M.si sebagai Korlap di acara festival Pesona Tambora persiapan sudah hampir selesai dan terus melakukan sosialisasi untuk menyukseskan kegiatan festival pesona tambora.Kepada seluruh masyarakat Dompu dan Bima.

“Antusias masyarakat menyambut kegiatan ini cukup luar biasa. Dan semua masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kegiatan sudah mempersiapkan siri dari sekarang dan masyarakat menggunakan biaya sendiri.

Bu Hj. Sri Suzana berharap paetisipasi masyarakat untuk memeriahkan acara tahun ini dan mudah mudahan lebih banyak dari kegiatan TAMBORA MENYAPA DUNIA ( TMD) tahun kemarin’harapnya.( Mulia)

Komentar

News Feed