oleh

Tumbuhkan Jiwa Nasionalisme, Anggota Paskibra Adakan Latgab

KABUPATEN PANGANDARAN – Sejumlah siswa/siswi yang tergabung dalam organisasi siswa ekstrakurikuler Paskibra (Pasukan Kibar Bendera) mengadakan kegiatan Latgab (Latihan Gabungan) yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Minggu (17/4).

Kegiatan yang diselenggarakan atas kerjasama Badan Koordinasi Paskibra Wilayah Banjarsari (Ciamis) dan Wilayah Padaherang (Pangandaran) ini diikuti oleh sekitar 70 anggota calon paskibra angkatan 2016 tingkat SMA/SMK dan SMP/MTs. Kegiatan dengan tema “Paskibra Gudangnya Etika”di hadiri oleh Danramil 1318/Padaherang serta para pembina paskibra dari tiap-tiap sekolah yang mengikuti kegiatan tersebut.

Ketua pelaksana kegiatan Latihan Gabungan Paskibra, Jeri Irawan mengatakan peserta yang hadir dalam latgab kali ini adalah calon paskibra tahun 2016 yang berasal sekolah-sekolah dari Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran.”Meskipun kita (wilayah Banjarsari dan Padaherang) sudah berbeda kabupaten, harus tetap menjalin komunikasi yang baik salah satunya melalui latihan gabungan ini,” ujarnya saat di temui disela-sela kegiatan.

12983823_1370316149660586_5367451833192530583_o

Dia juga menambahkan, untuk peserta tingkat SMA/SMK sebanyak 45 calon paskibra yang berasal dari SMAN 1 Banjarsari, SMK Muhamadiyah Banjarsari, SMK Pasundan Padaherang, SMKN 1 Padaherang, dan SMAN 1 Mangunjaya sebagai tuan rumah. Sementara untuk tingkat SMP/MTs sebanyak 25 calon paskibra yang berasal dari SMPN 5 Padaherang dan SMPN 2 Mangunja. Materi-materi yang disampaikan dalam kegiatan tersebut diantaranya seperti Peraturan Baris-Berbaris yang mengacu pada Skep Menhankam/Pangab No.611/X/1985 tentang Peraturan Baris-Berbaris, etika dan sikap seorang anggota Paskibra, tata cara penaikan dan penurunan bendera, serta Peraturan Penghormatan Militer yang disampaikan langsung oleh Komandan Rayon Militer (Danramil) 1318/Padaherang,

Komandan Rayon Militer (Danramil) 1318/Padaherang,Misroji. Menurutnya, dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menumbuhkan  jiwa nasionalisme dan patriotisme di kalangan pelajar.Semakin berkembangnya teknologi informasi saat ini, harus di bentengi dengan jiwa Bela Negara agar penjajahan dalam dunia modern seperti sekarang ini dapat diatasi.

“Ya meskipun sudah tidak satu wilayah lagi (Ciamis dan Pangandaran) tapi kan kita tetap satu, NKRI. Jadi saya sangat mendukung jika ada kegiatan semacam ini, bagus. Dan karena ini juga termasuk tugas kami untuk memberikan arahan kepada ade-ade generasi penerus saya ke depan,” ujarnya.

Diharapkan kegiatan ini akan menjadi program rutinan Pengurus Badan Koordinasi Paskibra baik di Kabupaten Ciamis untuk wilayah Banjarsari maupun Kabupaten Pangandaran untuk wilayah Padaherang. Untuk tahun depan, rencananya Paskibra Kota Banjar juga akan dilibatkan dalam Latihan Gabungan ini. (Bayu Eriga)

Komentar

News Feed