oleh

Panitia Pilkades,Rekrut Oleh BPD Gelar Rapat Bersama Masyarakat.

BERITA KABUPATEN BIMA—- Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima menggelar rapat pembentukan Paniti Pemilihan Kepala Desa di Aula Kantor Desa Sakuru-Monta-Bima pada Selasa, (16/7/2019)

Turut hadir dalam Rapat Pembentukan Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa Sakuru, Kades, Babinsa, Babinkamtibmas, Toga, Toma, Pemuda, RT. RW. Desa Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima.


Ismail H. Muhdar, selaku Ketua BPD dalam keterangannya memaparkan tata cara perekrutan Panitia Pelaksana Pemilihan Kepala Desa yang melibatkan unsur Tokoh Masyarakat, Pemerintah Desa, Lembaga Desa, dengan Jumlah Kepanitiaan sebanyak 7 orang sesuai dengan amanat undang- undang yang berlaku. Bebernya.

Dikatakan Ismail H. Muhdar dalam pembentukan Kepanitiaan ini tentu menggunakan proses musyawarah dan mufakat, karena unsur Kepanitiaan meliputi Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Anggota, sementara untuk unsur Pimpinannya akan dipilih oleh anggota yang terpilih menjadi Kepanitiaan,” Bebernya.


Kepala Desa Sakuru Supratman, dalam hal itu sesuai dengan Peraturan Daerah (Raperda) Nomor 15 Tahun 2017 tentang BPD dan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa.

Lanjutnya, berpesan kepada Panitia terpilih, agar dalam melaksanakan tugas tetap berpedoman pada aturan yang berlaku, serta mengedepankan sifat independent dengan menjunjung tinggi nilai demokrasi yang ada, tanpa ada tendensi dari pihak -pihak tertentu,” ujarnya

Pembentukan Panitia Pilkades ini berhubungan dengan berakhir Masa Jabatan Kepala Desa yang akan berakhir pada tanggal 31 Desember 2019. Maka pihak BPD sesuai Perda no. 1 tahun 2015 melaksanakan kewenangannya untuk membentuk kepanitiaan Pilkades.

Sesuai dengan peraturan Bupati Bima bahwa pemilihan Kepala Desa pada tahun ini diselenggarakan secara serentak dengan sistem Pemilihan oleh masyarakat Desa tersebut.

Pantauan media baraknews ini pada saat rapat Pembentukan Panitia Pemilihan Kepala Desa Sakuru Kecamatan Monta Kabupaten Bima berlangsung alot dan BPD mengusulkan kepada peserta forum agar menunjuk salah satu peserta forum untuk perwakilan sesuai kesepatan bersama dalam forum ini sehingga menghasilkan Panitia Pilkades yaitu, Ketua Panitia Drs. Syahrudin Adam, Wakil Ketua Abubakar H. Kasim, Sekertaris Drs. Muhammad Firdaus, Bendahara, Ilyas Mahdin, Anggota Jumardin, Bukhari, S. Pd, Sadam, S. Pd.

Panitia dan Tim Pengawas yang terbentuk pada hari ini juga langsung dilantik dan diambil sumpah janji oleh Ketua BPD Sakuru dihadapan Kepala Desa Sakuru, Babinsa, Kantimas, Ketua RT. RW serta hadirin undangan. (Usman/Rahim).

Komentar

News Feed