oleh

Terima Pengurus Wahdah Islamiyah, Pesan Wapres Bangun Ekonomi Umat

Berita Wapres RI – Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma’ruf Amin menerima Dewan Pengurus Pusat (DPP) Wahdah Islamiyah di Kediaman Resmi, Jalan Diponegoro No. 2, Jakarta Pusat, pada Rabu (08/12/2021).

Dalam pertemuan tersebut, Wapres menyambut baik undangan untuk membuka Muktamar Nasional IV Wahdah Islamiyah, yang dijadwalkan akan diselenggarakan secara virtual di Makassar, pada tanggal 19 hingga 22 Desember 2021.

“Kami berharap, Bapak Wapres berkenan memberikan sambutan, sekaligus membuka muktamar kami tersebut,” ujar Ketua Harian DPP Wahdah Islamiyah Rahmat Abdurrahman.
Rahmat menuturkan, muktamar kali ini akan mengangkat pembahasan tentang peluang ekonomi syariah dan wisata halal. Sejalan dengan hal tersebut, Rahmat juga melaporkan bahwa saat ini Wahdah Islamiyah mengembangkan ekonomi umat melalui marketplace yang mewadahi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

“Seller saat ini sudah mencapai seribu. Produk yang diperdagangkan sebagian besar adalah kebutuhan rumah tangga,” imbuh Rahmat.
Menanggapi hal tersebut, Wapres menegaskan pentingnya pengembangan ekonomi umat yang saat ini sedang diupayakan oleh Wahdah Islamiyah. Menurutnya, umat Islam harus dapat mandiri dan terhindar dari kondisi kekurangan.

“Jangan sampai umat Islam itu masih berada di [kondisi] dhuafa (miskin), apalagi sampai pada [kondisi] kemiskinan ekstrem,” tegas Wapres.

Hal ini sejalan dengan program prioritas yang diamanatkan Presiden kepada Wapres, yaitu pengurangan angka kemiskinan ekstrem, hingga 0% pada tahun 2024.
Selain itu, Wapres menilai, saat ini merupakan momentum bagi perkembangan ekonomi syariah. Dengan dukungan pemerintah melalui keberadaan Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI), sudah seyogianya organisasi masyarakat seperti Wahdah Islamiyah ini juga turut berpartisipasi aktif dalam mengembangkan ekonomi umat.

Mengakhiri pertemuan tersebut, Wapres mendoakan agar Muktamar Nasional IV Wahdah Islamiyah dapat berjalan lancar dan berjanji akan mengupayakan untuk memenuhi undangan untuk membuka acara tersebut.
Turut hadir mendampingi Ketua DPP Wahdah Islamiyah Rahmat Abdurrahman, adalah Ketua Dewan Syuro M. Ihwan Jalil, Sekretaris Jenderal Syaibani Mujiono, serta Wakil Sekretaris Jenderal Ridwan. Sementara itu, Wapres didampingi oleh Staf Khusus Wapres Bambang Widianto dan Masduki Baidlowi. (DMA/AS, BPMI Setwapres).

News Feed