oleh

Wapres Resmikan Pembukaan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa Se-Indonesia Tahun 2021

Berita Wapres RI—Wapres siang ini meresmikan pembukaan Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa Se-Indonesia Tahun 2021 secara daring Selasa (9/11/2021).

Dalam sambutannya Wapres menuturkan bahwa Ijtima’ Ulama Komisi Fatwa se-Indonesia merupakan forum yang sangat strategis, karena keputusannya akan berdampak luas, sehingga keterlibatan berbagai lembaga fatwa tersebut akan menambah bobot dan legitimasi dari putusan yang ditetapkan.

“Saya melihat, pokok-pokok pembahasan Ijtima’ Ulama ini masih tetap sama seperti saat saya menjadi ketua komisi Fatwa MUI; yakni permasalahan strategis kebangsaan (masail asasiyah wathaniyah), permasalahan keagamaan kontemporer (masail diniyah waqi’iyah mu’ashirah), dan permasalahan terkait peraturan perundang-undangan (masail qanuniyah). Rincian dari permasalahan yang dibahas di masing-masing gatra tersebut dalam Ijtima’ Ulama tahun ini merupakan berbagai permasalahan yang memiliki urgensi dan relevansi dengan situasi yang dihadapi oleh umat dan bangsa saat ini,” terang Wapres.

Oleh karena itu, keputusan Komisi Ijtima’ Ulama ini, kata Wapres akan menjadi masukan penting bagi pemerintah, legislatif maupun yudikatif, dan menjadi pertimbangan dalam perumusan kebijakan yang lebih membawa kemaslahatan bagi masyarakat, dan menjadi pedoman bagi umat Islam.

“Berbagai permasalahan yang dibahas dalam forum Ijtima’ Ulama ini memiliki keterkaitan dengan beragam program yang saat ini sedang dijalankan oleh Pemerintah, seperti upaya penanggulangan pandemi Covid-19 beserta dampaknya, pengentasan kemiskinan, penguatan ekonomi Syariah, penguatan kerukunan nasional khususnya kerukunan umat beragama, dan lain sebagainya,” terangnya..

Atas peran tersebut, Wapres yang juga sebagai ketua Dewan Pertimbangan MUI menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada para peserta Ijtima’ Ulama ini, yang telah mencurahkan perhatian dan dedikasinya dalam mencari jalan keluar keagamaan (makharij diniyah) terhadap berbagai permasalahan yang dihadapi (isykalaatil waaqi’iyyah).

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya juga ingin mengajak para ulama agar terus berperan lebih besar bersama Pemerintah dalam menyukseskan berbagai agenda nasional untuk kemaslahatan bangsa dan Negara,” ajaknya.

News Feed