oleh

Antisipasi Dampak Perubahan Iklim Global, Wabup Ciamis Ikuti Komsos Bersama TNI AD Secara Virtual

CIAMIS- Dalam upaya menghadapi tantangan perubahan iklim global, Wakil Bupati Ciamis H. Yana D Putra turut serta dalam Komunikasi Sosial (Komsos) secara virtual bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) bertempat di ruang Vidcon Makodim 0613 Ciamis, Senin (22/01/2023).

Kegiatan ini menandai komitmen pemerintah daerah untuk mengatasi dampak lingkungan yang semakin kompleks, khususnya antara TNI dengan Aparat Pemerintah serta unsur terkait lainnya.

Wakil Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Waaster Kasad) Brigjen TNI Donni Hutabarat menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah daerah dan TNI dalam menghadapi perubahan iklim. Diskusi melibatkan berbagai aspek, termasuk penanganan bencana alam, keberlanjutan lingkungan, dan strategi adaptasi.

“Bicara gejala perubahan iklim seperti kenaikan suhu rata-rata bumi yang mengakibatkan perubahan cuaca yang ekstrem yang tidak hanya berdampak pada lingkungan tapi juga merambat kepada sektor sektor kehidupan seperti pertanian perikanan kesehatan dan pangan yang secara tidak langsung akan berdampak pada stabilitas keamanan,” paparnya.

Maka dari itu, diperlukan kolaborasi yang erat antara seluruh komponen yang memiliki tanggung jawab untuk melindungi seluruh masyarakat utamanya bencana alam yang sewaktu waktu dapat terjadi.

Ia menuturkan salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh Angkatan Darat dalam menghadapi ancaman tersebut adalah melalui kegiatan penyelenggaraan komunikasi sosial (Komsos) dengan aparatur pemerintah.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk mendapatkan masukan tentang perkembangan situasi isu global saat ini sehingga kita semua dapat mengantisipasi dampak perubahan iklim tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, upaya pengantisipasian ini dapat dilakukan dengan menjalin sinergitas antara TNI AD Aparatur Pemerintah dan seluruh komponen maayarakat.

Ia berharap dengan komsos perubahan iklim global ini dapat memberikan wawasan dan pemahaman serta potensi yang similiki dan solusi dalam menghadapi perubahan iklim.

Selain itu, terwujudnya komunikasi yang intensif antara TNI AD dan Aparat Pemerintah dan unsur lainnya terjalin agar terjalin hubungan emosinal yang erat guna memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa. No ratings yet.

Nilai Kualitas Konten