oleh

Masyarakat Karang Dapo, Berterima Kasih Kepada Bupati Muratara

Berita Kab.MURATARA – Selama lebih kurang 24 tahun, masyarakat Karang Dapo kabupaten Musi Rawas Utara (muratara) provinsi Sumatra Selatan, memperjuangkan lahan plasma perkebunan sawit PT Dendi Marker Indah Lestari (DMIL).

Perjuangan yang panjang itu akhirnya menuai hasil setelah Bupati Musi Rawas Utara (Muratara) H M Syarif Hidayat turun tangan menyelesaikan masalah yang dihadapi rakyatnya.

Syarif Hidayat telah menandatangani Surat Keputusan (SK) kepemilikan lahan plasma sebanyak 439 hektar tersebut dan langsung dibagikan kepada warga penerima.

Sebagaimana diketahui, sengketa lahan plasma antara masyarakat Karang Dapo dengan PT DMIL itu sejak tahun 1996 silam hingga kini baru terselesaikan.

Kepala Desa Karang Dapo I, Umar Aziz menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada Bupati Syarif Hidayat beserta segenap instansi terkait dalam penyelesaian sengketa plasma itu.

Umar juga berterima kasih kepada PT DMIL yang telah memberikan hak-hak masyarakat, meski banyak rintangan yang dihadapi dalam penyelesaiannya.

“Saya harap tidak ada lagi selisih paham antar masyarakat atau dengan pemerintah, karena tuntutan masyarakat sudah direalisasikan,” kata Umar.

Dia menjabarkan, 439 hektar lahan plasma tersebut sebanyak 324 hektar untuk masyarakat, 45 hektar untk tim 9, Bastari CS 50 hektar, dan 10 hektar untuk desa.

Bupati Muratara, Syarif Hidayat mengatakan, pemerintah kabupaten sangat memperhatikan setiap permasalahan yang dihadapi rakyatnya.

Masalah lahan plasma Karang Dapo, Bupati telah menandatangani SK lahan plasma itu kepada masyarakat guna diolah untuk kesejahteraan masyarakat itu sendiri.

“Saya memikirkan rakyat, selama ini bukan saya tidak peduli, saya sangat peduli, karena memang untuk menyelesaikan masalah ini butuh proses,” kata Syarif.

Salah satu penerima lahan, Rudi Hartono menyampaikan terima kasih kepada Bupati Syarif Hidayat karena telah mewujudkan impian masyarakat selama pulah tahun.

Rudi merasa amat terharu karena perjuangan dan harapan selama puluhan tahun tersebut akhirnya bisa terwujud pada kepemimpinan Bupati Syarif Hidayat.

“Kami hampir saja menyerah, tapi kami terus berjuang, alhamdulillah akhirnya bisa terealisasi dan terbukti berhasil, terima kasih Pak Syarif Hidayat,” katanya.

Jurnalis: David

News Feed